Erupsi, Sejumlah Objek Wisata Alam Lereng Merapi Ditutup Sementara

Dilihat 1944 kali
OWA Jurang Jero Ditutup Sementara Akibat Erupsi Merapi

BERITAMAGELANG.ID - Menyikapi kondisi terkini Merapi pasca erupsi yang disertai luncuran awan panas pada Sabtu (11/3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Merapi menutup sementara objek wisata aktif, sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi.


Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Muhammad Wahyudi melalui surat edaran yang diterima oleh Objek Wisata Alam Jurang Jero, Minggu (12/3).


"Adapun objek wisata yang tutup sementara, antara lain yaitu Objek Wisata Alam Jurang Jero, Objek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Objek Wisata Alam Kalikuning-Plunyon, terhitung mulai 12 Maret 2023," kata Wahyudi dalam surat tersebut.


Hal tersebut menurutnya berdasarkan Siaran Pers dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Nomor : B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 tanggal 11 Maret, perihal aktivitas Gunung Merapi Terkini 11 Maret 2023, bahwa dengan adanya Erupsi Gunung Merapi pada tanggal 11 Maret 2023 telah disampaikan bahwa status Gunung Merapi masih berada pada tingkat Siaga (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5 - 7 km.


"Siaran pers BPPTKG menyebutkan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5 - 7 kilometer dari puncak Merapi," lanjutnya.


Disampaikan Wahyudi, terkait pengumuman tentang penutupan Objek Wisata Alam (OWA) di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi bisa menjadi perhatian masyarakat demi keselamatan dan kenyamanan wisatawan.


Rofingi, salah satu pengelola Objek Wisata Alam Jurang Jero yang berada di Kecamatan Srumbung mengatakan sampai dengan Minggu (12/3) siang, wilayahnya tidak terdampak abu vulkanik akibat erupsi Merapi. Meski begitu, pihaknya akan mematuhi surat pengumuman penutupan sementara Objek Wisata Alam Jurang Jero dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi.


"Kami ikuti surat itu, demi keselamatan bersama. Mulai hari ini (12/3) OWA Jurang Jero tutup sementara, namun sampai kapan kami masih belum tahu," katanya.


Menurutnya, sampai dengan hari Minggu (12/3) siang masih terdapat wisatawan yang naik ke OWA Jurang Jero karena belum mengetahui tentang penutupan tersebut. Untuk itu pihaknya memberikan pengertian kepada wisatawan agar menunda sementara berlibur di OWA Jurang Jero hingga nanti terdapat pemberitahuan untuk buka kembali.


"Karena pemberitahuan tutup baru hari ini, jadi tadi masih ada wisatawan yang "kecelik". Namun kami berikan pengertian untuk menunda liburannya di Jurang Jero, sampai nanti diperbolehkan buka kembali," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar