Gandeng PKK Milenial, DPMPTSP Kabupaten Magelang Dorong Pembuatan NIB

Dilihat 754 kali
Sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Christati Handayani Zaenal Arifin pada Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Pendopo Amprih Mulyo, Polengan, Srumbung, Senin (5/12/22).

BERITAMAGELANG.ID - Kolaborasi antara DPRD, DPMPTSP dengan TP PKK Kabupaten Magelang ditunjukkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis perizinan berusaha berbasis risiko bagi PKK Millenial di Pendopo Amprihi Mulyo, Polengan, Srumbung, Senin (5/12/2022). Kegiatan ini bertujuan agar PKK Millenial dapat menginformasikan kepada warganya terkait perizinan saat ini.


DPMPTSP Kabupaten Magelang mendorong investasi, karena dengan meningkatnya investasi maka kesejahteraan masyarakat akan naik. Namun, investasi yang meningkat tersebut harus dibarengi dengan menjaga lingkungan agar tetap terjaga.


"Investor saat ini sangat bebas untuk masuk di Kabupaten Magelang karena sistem perizinan yang terbaru yaitu menggunakan OSS RBA. Maka dari itu kita perlu daya saing agar tidak tertinggal. Salah satunya dengan mempunyai legalitas usaha," ucap M. Taufiq Hidayat Yahya, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang dalam sambutannya.


Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) merupakan website yang digunakan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Pelaku usaha dapat mendaftarkan izin usahanya melalui website oss.go.id.


"Dalam kondisi sekarang ini, kita harus memanfaatkan peluang untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Magelang dan melegalkan usahanya. Semoga dengan mengikuti bimtek ini dapat menambah pengetahuan sekaligus PKK Milenial bisa membantu menggerakkan perekonomian Kabupaten Magelang," tambahnya.


Potensi-potensi yang dimiliki anak muda bersama-sama berperan dalam proses pembangunan di desa. Seperti yang kita ketahui, Bappeda dan Litbangda mengajukan PKK Milenial sebagai 10 besar inovasi Kabupaten Magelang. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki anak muda yang tergabung dalam PKK Milenial, diharapkan bisa membangun desanya sendiri karena potensi desa juga banyak yang bisa digali.


"Peran PKK ada pada semua sisi aspek kehidupan. Inovasi perkembangan teknologi saat ini luar biasa. Diharapkan PKK Milenial bisa membantu senior dan senior pun bisa memperkaya pengalaman. Sehingga keterlibatan anak muda bisa bersama-sama dalam menggerakkan desa-desa untuk mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sedaya Amanah, seperti halnya pada bimtek kali ini," ujar Christanti Handayani Zaenal Arifin, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang.


Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA dapat menjadi salah satu langkah atau program pembaruan PKK Milenial untuk diinformasikan dan bahkan bisa menjadi program bimbingan teknis kepada warga di desanya yang memiliki usaha. Karena dengan didaftarkannya usaha melalui OSS, maka usahanya akan diakui atau legal, mendapat kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank serta mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari Pemerintah.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar