Gebyar Undian Tamades BPR BKK Tempuran Bertabur Hadiah

Dilihat 2366 kali

BERITAMAGELANG.ID - Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Tempuran menggelar Gebyar Undian Tamades dan Deposito Berhadiah 2018, yang diselenggarakan di Aula Kantor kecamatan Grabag, Rabu (19/09).

Hadiah utama berupa Honda Vario 150 CBS diraih Safitri Dewi. W. dari Ngablak. Sedangkan hadiah berupa 4 Honda Beat New dimenangkan Andy Bachtiar, Bandongan; Saefudin, Bandongan; Nurul Indriati, Tempuran; dan Muntolib, Bandongan.

"Lembaga keuangan atau perbankan bisa tumbuh dan berkembang jika ada kepercayaan dari masyarakat. Karena itu kami amat berharap, dalam rangka meningkatkan kepercayaan dari masyarakat, PD BKK Tempuran diharapkan selalu meningkatkan kinerjanya, ramah dan supel dalam memberikan pelayanan, kreatif dan inovatif dalam menawarkan program, berwawasan jauh ke depan dalam rangka menangkap setiap peluang yang ada, dan  tetap mengembangkan program-program yang bisa menyentuh masyarakat banyak secara langsung, dengan pemberian kredit dan layanan yang lebih diprioritaskan kepada sektor UKM dan pemberdayaan masyarakat dalam arti luas," demikian tertulis dalam sambutan Bupati Magelang yang dibacakan Asisten Pemerintahan Drs. Eko Triyono.

Undian ini merupakan ketiga kalinya dengan periode penyelenggaraan selama 1 tahun, yakni Agustus 2017 sampai dengan Juli 2018. Dana masyarakat yang diundi adalah tabungan dan deposito yang sampai dengan tanggal 31 Juli 2018 masih tercatat sebagai nasabah dengan saldo minimal sebesar Rp. 50.000,- untuk tabungan dan Rp. 100.000,- untuk deposito. Masing-masing berhak mendapatkan satu kupon undian dan dihitung secara kumulatif. 

Berdasarkan data yang dihimpun, total dana masyarakat per 30 Juni 2018 sebesar Rp.  37.472.208 ribu mengalami pertumbuhan 16,65 % jika dibandingkan posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp. 32.124.979 ribu, hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap PD BKK Tempuran semakin meningkat, dari jumlah tersebut komposisi tabungan sebesar Rp 24.282.658 ribu 64,80% dan  deposito  berjangka  sebesar   Rp. 13.189.550  ribu atau 35,20%. 

Ini menunjukkan bahwa PD BKK Tempuran semakin dipercaya oleh masyarakat. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan dan peran serta dari jajaran terkait.

"Semoga perkembangan ini semakin memacu untuk dapat berprestasi lebih baik pada tahun mendatang," harap Eko.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah Drs. Budiyanto, E.P, M.Si mengatakan PD. BKK dan lembaga keuangan mikro memiliki peran strategis dalam memberikan layanan perbankan khususnya dalam pinjaman modal kepada masyarakat Jawa Tengah, lembaga keuangan ini bisa lebih menjangkau para pelaku usaha yang tinggal di pedesaan.

"Dalam hal ini, PD. BKK Tempuran Kabupaten Magelang dituntut untuk lebih berinovasi dalam menciptakan kreativitas guna mempermudah layanan perbankan pada masyarakat Magelang, misal membuat layanan perbankan dengan berbasis teknologi informasi, seperti SMS banking dan tranksaksi online," ungkap Budiyanto.

Selain memperkuat sistem teknologi informasi, lanjut Budiyanto, yang terpenting adalah meningkatkan kompetensi kualitas SDM serta mengeluarkan produk perbankan yang lebih bersaing dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

"PD. BKK harus diakui telah mendukung pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui bantuan modal yang mendorong terciptanya lapangan kerja, pemerataan kesempatan berusaha dan pemertaan pendapatan, sehingga seluruh masyarakat desa bisa sejahtera," ungkapnya. 

Peran PD BKK Tempuran sebagai Lembaga Keuangan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Magelang, amat strategis dalam menghimpun dana dari masyarakat, mengingat hampir 100 persen dana yang dihimpun tersebut, akan dikembalikan atau disalurkan kembali kepada masyarakat, dalam bentuk produk pinjaman atau kredit bagi pengembangan usaha produktif. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar