Gerakan Solat Subuh Berjama'ah Sambut Awal 2019

Dilihat 2026 kali

BERITAMAGELANG.ID - Menyambut awal 2019, Pemerintah Kabupaten Magelang melakukan Gerakan Solat Subuh Berjamaah yang diselenggarakan di Masjid An Nur Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (01/01).

Kegiatan tersebut dihadiri Pj. Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto, perwakilan Forkopimda, Kepala SKPD, serta ratusan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabuaten Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, KH Agus Ali Qoisor hadir mengisi ceramah dan menjelaskan pentingnya mengetahui momen-momen penting sepanjang tahun yang dimuliakan Allah SWT.

"Dalam satu tahun ada 12 bulan, yang paling dimuliakan Allah adalah bulan suci Ramadan. Allah juga ada memuliakan hari, dari tujuh hari dalam seminggu, yang paling dimuliakan adalah Jumat. Sementara tanggal yang dimuliakan adalah bersamaan dengan bulan, jadi 'nggak menentu, berbeda-beda tiap bulan," ujar Agus Ali di sela kegiatan ceramah Gerakan Solat Subuh Berjamaah.

Agus Ali menambahkan, di bulan Maulid atau Rabiul Awal, yang paling dimuliakan adalah tanggal 12, sementara bulan lainnya pada 27 Rajab, 15 Syaban, 1 Syawal, 10 Zulhijah, serta 10 Muharram.

"Allah juga memuliakan satu orang manusia, yaitu tidak lain Baginda Rasulullah SAW. Solat pun ada yang paling dimuliakan oleh Allah, yaitu solat Ashar, meski demikian, semua waktu solat adalah mulia. Namun, puncak semua ibadah solat yang menentukan adalah di waktu Ashar," jelasnya. 

Agus Ali menambahkan, Allah tidak mungkin mengabulkan doa secara spontan, tapi terkadang dalam situasi tertentu bisa saja langsung dikabulkan. 

"Maka kuncinya adalah harus betul-betul sadar melakukan solat dengan khusyuk. Ada dua versi solat khusyuk, yakni solat di sela rutinitas, tidak pernah terlewat. Namun satu lagi yang sangat penting adalah harus fokus, menghilangkan segala fikiran lain, jernih, bersih, namun satupun manusia belum mampu," ujarnya mengakhiri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar