Hari Ibu Jadi Momentum Kebangkitan Perempuan di Tengah Pandemi Covid-19

Dilihat 1067 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar Peringatan Hari Ibu Ke-93 secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (22/12).


Zaenal Arifin dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ibu kepada seluruh ibu-ibu di Kabupaten Magelang. Ia berharap semoga dengan peringatan ini bisa menjadi momentum dalam meningkatkan derajat sosial dan kesehatan para kaum ibu di Kabupaten Magelang.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Magelang saya mengucapkan selamat Hari Ibu Ke-93, semoga Hari Ibu di masa Pandemi ini bisa menjadi momentum untuk kebangkitan perempuan Kabupaten Magelang terutama yang terdampak Covid-19," ucap Zaenal.


Saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zaenal menyebutkan saat ini telah banyak kemajuan yang dirasakan oleh perempuan. Namun, kesetaraan ideal yang dicita-citakan belum sepenuhnya tercapai.


Budaya patriarki yang telah mengakar selama berabad-abad masih tersisa dalam kehidupan bermasyarakat. Perempuan masih menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya. Hal ini kemudian diperparah dengan adanya pandemi Covid-19, yang meningkatkan kerentanan ekonomi perempuan, ketidaksetaraan gender, serta mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


Kendati demikian, di tengah terpaan apapun, perempuan Indonesia merupakan srikandi-srikandi kuat yang mampu melampaui berbagai tantangan yang melingkupi mereka. Begitu pula di masa yang sulit ini, perempuan-perempuan Indonesia turut hadir di garda terdepan. 

   

"Melalui peringatan Hari Ibu ke-93 ini, saya berharap kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan," tandasnya.


Plt. Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi menyebutkan peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan tiap tahunnya merupakan momentum untuk refleksi tentang berbagai usaha yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.


"Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki," jelas Bela.


Bela menambahkan, peringatan Hari Ibu ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar