Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Peliharaan Divaksinasi Gratis

Dilihat 1016 kali
Dispeterikan Kabupaten Magelang vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Rabies Sedunia, ratusan hewan peliharaan menjadi sasaran vaksinasi rabies gratis oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Rabu (29/9/2021).


Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat ini sebagai upaya mencegah wabah rabies pada hewan peliharaan di Kabupaten Magelang. 


Kasi Kesehatan Hewan pada Dispeterikan Kabupaten Magelang, Khoerudin Trilaksana mengatakan kegiatan vaksinasi sudah dimulai sejak Senin (27/9) dan akan berlangsung selama satu pekan dengan target sasaran semua hewan peliharaan.


Dalam kesempatan ini disediakan sebanyak 250 dosis vaksin rabies oleh petugas. Hewan yang divaksin terdiri dari anjing, kucing, kera dan lainnya. 


"Kita sediakan 250 dosis dengan kegiatan hingga 1 Oktober mendatang," kata Khoirudin di kantornya, Rabu (29/9).


Selain itu, kegiatan ini juga memberikan layanan pengobatan gratis untuk hewan peliharaan masyarakat Kabupaten Magelang.


Kegiatan sengaja digelar secara terpusat di Dispeterikan, hal itu karena kendala koordinasi dan pemetaan titik titik daerah yang memiliki hewan piharaan banyak. 


"Jadi kita fokuskan, mereka yang bawa ke sini karena itu termasuk hewan kesayangan agar mudah untuk dibawa," terangnya.


Menurutnya, sampai saat ini Kabupaten Magekang masih Zero Kasus Rabies. Indikatornya selama lima tahun terakhir Dispeterikan belum pernah menemukan kejadian penyakit rabies pada hewan peliharaan masyarakat.


Namun demikian, pihaknya tetap mewaspadai adanya potensi penyebaran kasus rabies dari luar wilayah mengingat Kabupaten Magelang berada di jalur lintas antar provinsi dan kabupaten lain.


Dalam menjaga stabilitas Zero kasus Rabies, dia meminta kepada petugas terkait untuk mengintensifkan pemeriksaan hewan yang keluar maupun masuk ke wilayah Kabupaten Magelang. 


Selain itu masyarakat juga diimbau agar berperan aktif mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran rabies, diantaranya dengan rutin memeriksa kondisi kesehatan hewan peliharaannya. Serta melaporkan kepada petugas jika ditemukan kasus pada manusia maupun hewan yang sakit dan mengidap gejala rabies


"Karena transportasi hewan banyak ada kemungkinan hewan dari daerah tertular masuk ke tempat kita. Kemungkinan itu bisa menular ke daerah Kabupaten Magelang. Ini sebagai upaya antisipasi," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar