Hari Tani Nasional, Kelompok Tani Terima Bantuan Alat Mesin Pertanian

Dilihat 1098 kali
Bupati Magelang, Zaenal Arifin mendampingi Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina saat meninjau bantuan Alsintan

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Tani Nasional, Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina menyerahkan sejumlah bantuan Alsintan (alat mesin pertanian) dan uang klaim asuransi pertanian secara simbolis kepada para kelompok tani, Jumat (24/9/2021) di Pendopo drh Soepardi, Setda Kabupaten Magelang. 


"Besar harapan kami, alat mesin pertanian yang akan diserahkan pada hari ini (24/9/2021) kepada kelompok tani akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Magelang," kata Bupati saat acara penyerahan bantuan Alsintan dan uang klaim asuransi pertanian tersebut.


Zaenal menyampaikan, sebagai gambaran secara umum bahwa Kabupaten Magelang memiliki luas wilayah 108.000 hektare dan terbagi dalam 21 kecamatan, 367 desa dan 5 kelurahan. Sekitar kurang lebih 70 persen luas lahan di Kabupaten Magelang digunakan untuk sektor pertanian, yang dikerjakan oleh lebih dari 57 persen penduduk yang saat ini berjumlah kurang lebih 1,2 juta jiwa. 


Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena di masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu  andalan untuk menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian di saat sektor yang lain stagnan atau bahkan mengalami penurunan.


"Semangat untuk terus berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Magelang melalui sektor pertanian, harus tetap dipertahankan dan dijaga dengan sebaik-baiknya, mengingat Kabupaten Magelang telah ditetapkan sebagai Kabupaten Penyangga Pangan Provinsi Jawa Tengah dan Nasional," pesannya.


Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina menjelaskan bantuan Alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Magelang merupakan salah satu bentuk aspirasinya.


"Ada 69 unit Alsintan yang akan diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Magelang hari ini," kata Vita Ervina.


Adapun batuan Alsintan dan Klaim Asuransi Pertanian yang diserahkan antara lain traktor roda 2 sebanyak 21 unit diberikan pada 21 kelompok tani di Desa Muneng Kecamatan Pakis, Transplanter sebanyak 1 unit diberikan pada 1 kelompok tani Gapoktan Ngudi Rejeki Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Cultivator sebanyak 12 unit diberikan pada 12 kelompok tani Rukun Tani Dusun Kenayan, Banyurojo, Kecamatan Sawangan, pompa air sebanyak 22 unit untuk kelompok Tani Rukun Lestari, Desa Banyuroto, Kecamatan Salam.


Kemudian hand spreyer sebanyak 6 unit diberikan kepada 6 kelompok tani (mewakili Berkah Tani) Desa Delimas, Kecamatan Tegalrejo. Sedangkan untuk pengajuan klaim asuransi pertanian sebanyak 21,65 hektar dengan nominal Rp129.900.000 (mewakili penerima kelompok tani Sri Rejeki) Desa Candisari, Kecamatan Windusari.


"Total nilai keseluruhannya Rp 1,46 miliar untuk Kabupaten Magelang," ujar Vita.


Sejalan dengan program pemerintah, Vita berharap melalui bantuan Alsintan dan uang klaim asuransi pertanian ini, sektor pertanian bisa maju dan modern.


"Kami terus mendorong pertanian di Kabupaten Magelang ini tidak harus tradisional terus, dengan adanya alat-alat pertanian yang modern ini diharapkan bisa lebih meningkatkan produktivitas pertanian," pungkas Vita.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar