HUT ke-72, IBI Kabupaten Magelang Gelar Bakti Sosial

Dilihat 1590 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto bersama istri dan OPD terkait menghadiri peringatan HUT ke-72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Magelang di Kantor Sekretariat IBI Cabang Kabupaten Magelang, Sabtu (24/6/2023).


Adi Waryanto mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh bidan dan organisasi Ikatan Bidan Indonesia, atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalam menjalankan profesi yang mulia ini.


IBI didirikan pada 24 Juni 1951 di Jakarta dan tetap eksis sampai sekarang, dengan 34 Pengurus Daerah Tingkat Provinsi, 514 Pengurus Cabang Tingkat Kabupaten/Kota, dan 5.089 Pengurus Ranting (Tingkat Kecamatan/unit Pelayanan/Pendidikan).


Menurut Adi, di usia yang ke-72 ini, IBI dianggap telah matang dengan berbagai pengalaman yang dilalui sebagai organisasi profesi. IBI terus memfokuskan diri sebagai penggerak pelayanan kebidanan yang turut serta dalam mensukseskan program-program pemerintah dengan menampilkan bentuk nyata melalui tanggung jawab terhadap peran dan pengabdiannya kepada Pemerintah dengan menggelar berbagai macam kegiatan terkait dengan tugas dan fungsi bidan sebagai anggota IBI.


"Saat ini keberadaan dan reputasi Ikatan Bidan Indonesia telah diakui oleh masyarakat dan mitra kerja maupun oleh stakeholder terkait, baik ditingkat nasional maupun lokal," kata Adi.


Selaras dengan tema peringatan HUT IBI Ke-72 yaitu, satukan langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti, Adi memandang, ini merupakan wujud komitmen bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia utamanya di Kabupaten Magelang.


Ia berharap, IBI agar selalu meningkatan kapasitas dan kualitas bidan dalam upaya pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Kemudian, selalu meningkatkan kepedulian anggota IBI kepada masyarakat dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak.


"Kemudian yang ketiga IBI harus selalu menjaga persatuan dan kecintaan anggota terhadap organisasi dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia. Dan yang terakhir, terus membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, utamanya di Kabupaten Magelang untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah)," harap Adi.


Ketua IBI Cabang Kabupaten Magelang, Sri Kuswanti menyampaikan, di usia yang ke-72 ini IBI Cabang Kabupaten Magelang telah mempersiapkan diri agar para anggota IBI dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih berkualitas.


"Kami juga berbagi kepada para ibu hamil dan anak yang stunting untuk menekan angka stunting di Kabupaten Magelang," kata Sri Kuswanti.


Memperingati HUT Ke-72, IBI Cabang Kabupaten Magelang telah melakukan beberapa kegiatan bakti sosial antara lain, pelayanan imunisasi dalam rangka hari imunisasi sedunia, pelayanan KB dan bantuan paket gizi kepada ibu hamil dalam rangka mencegah terjadinya bayi stunting.


Lebih lanjut, Sri Kuswanti menyampaikan  angka stunting di Kabupaten Magelang saat ini masih lumayan tinggi. Menurut survei gizi Indonesia, stunting di Kabupaten Magelang berada di tingkat atas di Provinsi Jawa Tengah.


"Namun dari tahun ke tahun angka stunting di Kabupaten Magelang berangsur angsur telah mengalami penurunan," ungkap Sri Kuswanti.


Sementara terkait jumlah bidan di Kabupaten Magelang, Sri Kuswanti menyebutkan saat ini terdapat sekitar 940 bidan di Kabupaten Magelang yang dirasa masih kurang dengan adanya penambahan rumah sakit yang baru.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar