Job Fair Kabupaten Magelang Tahun 2023 Dibuka, Ribuan Loker Disiapkan

Dilihat 2339 kali
Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis saat membuka Kegiatan Job Fair, Adib Bahari dan Jajaran Forkopimcam Mertoyudan saat membuka Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kabupaten Magelang Tahun 2023.

BERITAMAGELANG..ID- Bupati Magelang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis di dampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Job Fair, Adib Bahari dan Jajaran Forkopimcam Mertoyudan membuka Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kabupaten Magelang Tahun 2023 bertempat di Atrium Mall Armada Town Square, Magelang, Selasa (20/6/2023). 


Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis menyampaikan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kabupaten Magelang yang bekerja pada tahun 2022 sebanyak 781.195 orang atau 75,62 persen dari penduduk berusia 15 tahun ke atas, sedangkan jumlah pengangguran sebanyak 40.895 orang. 


Adapun Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Magelang pada tahun 2022 sebesar 4,97 persen. Angka ini mengalami penurunan bila dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 5,03 persen, untuk itu, masih banyaknya pengangguran di Kabupaten Magelang ini menjadi persoalan ekonomi dan sosial yang lebih luas.


Dalam upaya penanggulangan pengangguran, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) perlu melaksanakan program peningkatan penyelenggaraan informasi bursa kerja berupa pameran Job Fair yang mana tujuannya untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja.


"Melalui pameran bursa kerja/Job Fair ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang menyampaikan penghargaan sekaligus mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepada 40 perusahaan yang telah berpartisipasi dalam acara Job Fair ini," ucap Asfuri Muhsis.


Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menjalin interaksi atau kerjasama yang baik antara dunia usaha dengan masyarakat pencari kerja, termasuk juga dengan kalangan sekolah atau kampus.


Ia berharap, kerja sama ini dapat terus ditingkatkan dengan saling memberikan informasi lowongan kerja antara perusahaan dengan Disperinaker Kabupaten Magelang, sehingga tentu akan sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan sumber daya manusia sesuai yang dibutuhkan.


"Demikian juga bagi para pencari kerja akan banyak memiliki pilihan dalam melamar dan mendapatkan pekerjaan," harapnya.


Sementara, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Job Fair, Adib Bahari menyampaikan, tujuan diadakan Job Fair ini untuk mengurangi pengangguran melalui penempatan tenaga kerja di sektor formal perusahaan, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Magelang bahkan luar negeri, sehingga mempertemukan ketersediaan tenaga kerja dengan permintaan tenaga kerja dan sebagai sarana memperluas informasi pasar kerja di wilayah Kabupaten Magelang.


Adapun kegiatan pameran Job Fair Kabupaten Magelang Tahun 2023 diselenggarakan selama dua hari yakni selasa dan rabu tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2023, dengan jumlah lowongan kerja 4.237 untuk umum


dan 75 lowker untuk disabilitas, diantaranya Technician, Account Officer, SPV Training & People Development, Staff Penagihan, Admin, Operator dan Sales.


Sebagai Informasi, untuk hari kedua besok akan diselenggarakan Talkshow "Seluk Beluk Bekerja ke Jepang dan Koreaâ", dengan narasumber dari Badan Pelayanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Jawa Tengah dan Perusahaan Jepang PT JIAEC Cabang Yogyakarta.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar