Kabupaten Magelang Tawarkan Berbagai Destinasi Wisata Alam

Dilihat 1647 kali
Pesona Mangli Sky View yang begitu indah, bisa melihat hamparan awan dari Mangli Sky View di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Lebih dari seminggu ditutup, mulai 18 Mei 2021 dari Kabupaten Magelang, menawarkan daya Tarik wisata kaya oksigen, yakni kawasan pegunungan yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyebutkan Nepal Van Java merupakan objek wisata alam yang sedang ngetrend di kalangan masyarakat.


"Nepal van Java ini, lagi top bagi masyarakat, terutama orang Jakarta," kata Bupati sambil menunjukkan gambar besar bangunan rumah berundak dengan latar belakang puncak Gunung Sumbing (Vepal van Java) di layar kaca Rumah Dinas Bupati Magelang.


Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menegaskan pengelola wisata harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, berbasis CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).


"Penerapan CHSE tetap menjadi komitmen bagi pengelola wisata dan wisatawan, karena itu sudah menjadi regulasi yang harus dipedomani, dan pegangan bagi pengelola wisata, tujuannya untuk menekan penularan Covid-19," tegasnya.


Ada beberapa objek wisata alam selain Nepal Van Java, diantaranya Mangli Sky View, Silancur Highland, Curug Silawe dan objek wisata alam lainnya di kaki Gunung Sumbing, di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.


Nepal Van Java, berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl,  di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemandangan alam dan perumahan penduduk berundak dan tampak bertumpuk, seolah mirip dengan Nepal.


Pengelola Nepal Van Java, Lilik Setiyawan mengatakan, wisata alam Nepal Van Java mulai dibuka kembali 18 Mei 2021, setelah libur Lebaran 2021. Harga tiket masuk dari Rp 8.000 menjadi Rp 10.000 per orang, dengan tambahan atraksi pentas kesenian lokal Dusun Butuh, yakni setiap selapan (Minggu Pahing).


Khusus wisatawan yang datang pada Jumat, tiket masuk dimanfaatkan untuk program atau kegiatan sosial, yakni menyantuni anak yatim piatu dan kaum duafa.


Lalu, ada Paket Jeep Borobudur-Sumbing Exotic, meliputi dari wisata Candi Borobudur dan sekitarnya, trip ke tempat wisata di Lereng Sumbing, dengan rute Taman Pagoda, Curug Silawe, Nepal Van Java, Mangli Sky View dan Candi Selogriyo.


Perjalanan ke Nepal van Java, merupakan hiburan tersendiri karena harus melewati lekukan jalan tanjakan mengagumkan. Di sepanjang jalan yang dilalui, terdapat hamparan hijau sayuran yang ditanam warga sekitar.


Sesampainya di Nepal van Java, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang tersaji di sana. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lain, seperti petik sayuran dan jelajah kampung. Ada beberapa tips yang perlu disimak sebelum berangkat, seperti memastikan kendaraan kuat menanjak, datang saat cuaca cerah, hingga sopan terhadap warga setempat.


Mangli Sky View


Selain Nepal Van Java, ada juga Mangli Sky View yang berlokasi di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Mangli Sky View, menyuguhkan pemandangan alam yang memesona, dengan hamparan awan putih seperti lautan saat pagi hari, ditambah pancaran terbitnya sang surya (sunrise) yang begitu indah.


Ke Mangli, jangan khawatir karena pengelola menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, tujuannya untuk memberikan kenyamanan pengunjung. Dimulai pembatasan jumlah pengunjung, menyiapkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, hingga menyediakan fasilitas pendukung, seperti tempat mencuci tangan.


Pengelola Mangli Sky View, Prasetyo menjelaskan, tempat ini merupakan alternatif wisata terbaik di tengah pandemi Covid-19. Mangli Sky View, memiliki spot-spot instagramable yang menarik dan indah, karena berada di timur lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.570 mdpl.


Pengelola menyiapkan protokol kesehatan, dengan paket bermalam, pondok wisata, dan tenda VIP. Paginya, menikmati sunrise dengan pemandangan 9 gunung yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Giyanti, Ungaran, Tidar, Sumbing dan Pegunungan Menoreh.


Beberapa paket wisata menarik ditawarkan, antara lain wisata petik sayuran, paket bertani (mulai menyangkul, menanam, memupuk, memanen dan masak bersama di lokasi). Wisata minat khusus, tracking gunung Sumbing dan pendakian Gunung Sumbing via basecamp Mangli. Siang hari, jalan-jalan dengan hamparan kebun sayuran. Malam harinya, menikmati ribuan lampu Kota Magelang.


Aneka kulinernya sebagian besar berbahan baku lokal berupa nasi megono, teh mangli, brokoli crispy, kopi robusta, arabica dan arabica wine, coklat, wedang rempah.


"Tidak lupa cinderamata dapat dipilih untuk dibawa pulang antara lain, sayuran segar, pensil boneka, dan lain-lain," ujar Prasetyo.


Silancur Highland


Silancur Highland merupakan kawasan wisata camping dan spot foto yang menonjolkan pemandangan Gunung Sumbing. Silancur Highland terletak di Desa Mangli, Kaliangkrik, sekitar 15 km dari Alun-Alun Kota Magelang. Berada di ketinggian 1.300 mdpl membuat udara di kawasan ini masih sangat sejuk dan asri.


Waktu paling tepat bagi Anda untuk mengunjungi kawasan ini adalah pagi hari. Anda dapat menyaksikan pemandangan sunrise dan kehangatan sinar mentari di pagi hari. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan cukup membayar tarif masuk sebesar Rp10.000.


Ada juga air terjun Curug Silawe di lereng Gunung Sumbing, Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Wisatawan yang datang ke kawasan ini akan disambut dengan jalanan setapak alami yang dipagari pohon pinus serta guyuran air yang jernih sehingga menciptakan udara sejuk.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar