Kapolres Magelang: Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Polri pada Masyarakat

Dilihat 812 kali
Kapolres Magelang memberikan sambutan dalam kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Polres Magelang di GBU Polres Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Polres Magelang menggelar kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Polres Magelang, Selasa (14/12). Kegiatan yang diadakan oleh Satbinmas Polres Magelang tersebut berlangsung di Gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang.


"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bhabinkamtibmas Polres Magelang yaitu sejumlah 160 personil. Seluruhnya ikut untuk meningkatkan kemampuan ketika mereka terjun di tengah masyarakat," kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat menyampaikan sambutannya.


Dalam kegiatan tersebut Sajarod menyampaikan terdapat beberapa materi termasuk tata cara Khotbah Jum'at dan penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan pengisi materi adalah para ahli di bidangnya.


"Materi tata cara Khotbah Jumat diampu oleh Gus Zen, Ketua Pagar Nusa Kabupaten Magelang dan tim. Sedangkan untuk penanganan ODGJ diampu oleh Dirut RSJ dr. Soerojo Magelang dr. Rukmono Siswishanto S. dan tim," jelas Kapolres.


Hal tersebut juga dijelaskan Sajarod, untuk merefresh kembali kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri kepada masyarakat, sehingga mampu berkomunikasi, berkoordinasi dan bersinergi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama ataupun instansi-instansi terkait.


Kapolres menyebutkan ada tiga tantangan yang harus segera disikapi dengan serius namun tetap bijak. Yang pertama adalah antisipasi virus (Covid-19) baru Omicron, yang kedua adalah antisipasi Natal dan Tahun Baru supaya tidak terjadi klaster baru, dan yang ketiga adalah pencapaian vaksinasi. 


"Nah ketiga hal tersebut perlu adanya peran penting pendekatan kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas," tandasnya.


Terkait perlengkapan dan kelengkapan Bhabinkamtibmas, Kapolres meminta seluruh Kapolsek melakukan pengecekan. Hal tersebut dilakukan untuk segera dapat dilengkapi kebutuhan perlengkapannya guna menunjang tugas dari Bhabinkamtibmas.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar