KNPI Kabupaten Magelang Gelar Musda ke-8

Dilihat 860 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang melalui Sekretaris Daerah, Adi Waryanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Daerah (Musda) ke-8 Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magelang, yang dilaksanakan di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, Selasa (28/12).


Adi Waryanto berharap, melalui Musda ini dapat menampung gagasan-gagasan cerdas, sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan strategis yang membuat pengelolaan organisasi lebih efektif, sehingga akan bisa membawa kemajuan bagi perkembangan generasi muda di Kabupaten Magelang.


Menurutnya, berkembangnya dinamika kehidupan biasanya selalu diikuti oleh meningkatnya tantangan yang dihadapi oleh sebuah organisasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu forum bagi berlangsungnya suatu proses evaluasi atas pelaksanaan program kerja, serta dirumuskannya langkah penyempurnaan yang diperlukan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan zaman.


"Kita ketahui bersama, sebuah organisasi perlu mengevaluasi kembali terhadap program-program yang sudah dan yang belum dilakukan. Kelemahan dan masalah apa saja yang dihadapi, serta merumuskan langkah-langkah penyempurnaan apa dan bagaimana yang harus dilakukan ke depan," Kata, Adi Waryanto saat membuka Musda tersebut.


Lebih lanjut, Adi menjelaskan Musda ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi. Oleh karenanya, Pemerintah memandang Musyawarah Daerah KNPI ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam upaya membawa organisasi tersebut ke arah perubahan yang lebih baik.


Sejalan dengan semangat Musda ke-8 ini, KNPI harus lebih meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan masyarakat maupun Pemerintah Daerah, sehingga semua program yang dijalankan dapat disinergikan dengan kebijakan pemerintah.


"Kami berharap program kerja yang akan disusun dan kelengkapan struktur organisasi kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Magelang yang akan dibentuk, tentunya harus bisa membawa organisasi ke arah yang lebih baik, solid dan mantap," pesannya.


Wakil Ketua KNPI Kabupaten Magelang, Ferry Endryan dalam laporannya mengatakan, seharusnya Musda Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Magelang diselenggarakan pada 2020. Namun, mengingat masih dalam kondisi Pandemi maka baru dilaksanakan pada tahun 2021 ini dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Kami para pemuda tetap berkomitmen terus membantu mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam rangka mencegah Covid-19, mematuhi protokol kesehatan, serta ikut melakukan percepatan vaksinasi," katanya.


Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Tengah, Mustafid mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musda  ke-8 Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Magelang. Kendati demikian, menurutnya regenerasi KNPI di Kabupaten Magelang termasuk cukup lambat, di Kota/Kabupaten lainnya sudah masuk Musda ke-13/14.


"Kalau di kota/kabupaten lainnya Musdanya sudah yang ke 13-14, kalau di sini masih yang ke-8 mungkin regenerasinya kurang berjalan normal," ungkap Mustafid.


Namun demikian, Mustafid menyebutkan DPD KNPI Jawa Tengah merupakan DPD KNPI yang paling kondusif di Indonesia. Karena sudah 4 kali Musda dan semuanya sudah Aklamasi (bisa dirembug sebelum Musda).


Pada kesempatan yang sama, Mustafid juga meminta peran serta pemerintah baik provinsi maupun daerah untuk lebih memperhatikan organisasi pemuda ini. Menurutnya, telah terjadi ketimpangan perhatian yang diberikan pemerintah antara organisasi wanita/ibu-ibu dengan organisasi pemuda.


"Contohnya yang paling simpel saja, di Jawa Tengah ini saya hitung ada 5 gedung yang didirikan untuk memfasilitasi kegiatan wanita/ibu-ibu seperti Gedung Wanita, Gedung PKK dll, namun gedung untuk pemuda belum ada. Padahal organisasi kepemudaan ini kan juga penting," tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar