Kodim 0705/Magelang Bersama PWI Tingkatkan Sinergi Komunikasi

Dilihat 845 kali
Silaturahmi Kodim 0705/Magelang dengan PWI Magelang Raya
BERITAMAGELANG.ID - Kodim 0705/Magelang menggelar silaturahmi  dengan Pertatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magelang Raya (Kabupaten dan Kota Magelang), melalui program Peduli Wartawan. Program tersebut bertujuan meningkatkan sinergitas untuk membangun komunikasi dengan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Pertemuan ini sebagai upaya untuk bersinergi dengan kapasitas masing-masing. Teman-teman media bisa membangun narasi yang baik dan benar dalam pemberitaan, dan memerangi berita hoaks di tengan pandemi Covid-19," kata Dandim 0705/Magelang, Letkol ARM Rohmadi melalui Kasdim Mayor INF Sudarno, di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Kamis (19/8/2021).

"Silaturahmi ini sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi yang baik, serta masukan dari teman-teman media dalam membangun Magelang di tengah pandemi Covid-19. Dengan menyampaikan berita sesuai fakta, membuat masyarakat lebih percaya, karena hoaks di media sosial sudah sangat memprihatinkan," imbuhnya.

Penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan oleh aparat pemerintah saja, tetapi harus semua pihak dan elemen masyarakat, agar Covid-19 segera usai. Dengan kerja bersama sesuai dengan fungsinya masing-masing, maka beban akibat Covid-19 bisa segera teratasi, dan ekonomi masyarakat segera pulih.

"Sesungguhnya kita melaksanakan tahapan penanganan Covid-19 dengan memberdayakan potensi dan sumber daya yang ada. Jika teman-teman wartawan, sesuai tugasnya menyampaikan informasi faktual kepada masyarakat sesuai kapasitasnya, dan kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri dalam menanganani Covid-19 ini," lanjutnya.

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono menambahkan, wartawan mempunyai tanggung jawab besar dalam menyampaikan informasi yang benar dan faktual kepada masyarakat karena wartawan profesional dibekali dengan kode etik jurnalistik dan etika pers, sehingga wartawan tidak dibenarkan menyampaikan berita yang tidak berdasarkan fakta.

"Berita hoaks di media sosial yang marak saat ini, bukan merupakan produk jurnalistik, karena hoaks sangat merugikan masyarakat. PWI berkomitmen  untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar tidak percaya  dengan hoaks," ujarnya.

Dengan  membangun komunikasi ini, merupakan salah satu bagian dari ikhtiar PWI Magelang Raya, agar selalu menjaga profesionalitas, serta kesehatan di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Wartawan dalam bekerja mobilitasnya tinggi, dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, resiko terpapar virus Covid-19 sangat besar. Maka perlu asupan gizi dan vitamin agar dalam melaksanakan tugas tetap sehat," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar