KPU Kabupaten Magelang Melaunching Maskot Si-Randu Dan Jingle Magelang Memilih

Dilihat 615 kali
Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forpimda dan KPU saat melaunching Maskot Si-Randu dan Jingle Magelang Memilih pada acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang

BERITAMAGELANG.ID- Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil merupakan syarat mutlak bagi hadirnya pemimpin yang berkualitas, dapat dipercaya, dan dapat menjalankan fungsi kelembagaan secara optimal. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto pada acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Magelang di lapangan Desa Donorojo, Mertoyudan, Sabtu (25/5/2024).

Pada acara tersebut Pj Bupati Magelang beserta jajaran Forpimda dan KPU juga melaunching Maskot "Si-Randu dan Jingle "Magelang Memilih" pada Pilkada Tahun 2024.

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengatakan, kualitas penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah juga dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah. Semakin tinggi partisipasi pemilih, maka semakin tinggi pula kualitas pemilihan dan semakin tinggi pula tingkat legitimasi pemimpin yang terpilih.

Menurutnya, hal ini amat penting dalam sebuah negara demokrasi karena pemimpin menjadi representasi dari kepentingan-kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan memastikan kemajuan seluruh masyarakat, bangsa dan negara.

"Untuk itu kami menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Magelang yang pada malam hari ini menyelenggarakan acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2024," ucap Sepyo Achanto.

Lebih lanjut Sepyo mengatakan, tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai sarana sosialisasi untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Magelang, terkait dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024.

Ia menyampaikan bahwa KPU telah menetapkan tanggal 27 November 2024 yang akan datang, sebagai tanggal pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sekaligus Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur secara serentak di Indonesia.

"Acara Peluncuran pada malam hari ini, kami harapkan dapat segera ditindaklanjuti oleh panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemilihan di tingkat desa hingga tingkat dusun, sebagai upaya untuk mengoptimalkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024," harapnya.

Sepyo menambahkan, perlu disadari bersama bahwa, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Magelang tidak lepas dari situasi dan kondisi yang kondusif, sehingga perlu adanya komitmen antar seluruh elemen masyarakat Kabupaten Magelang untuk menjaga kondusifitas wilayah dengan penuh kesadaran dan kebersamaan.

"Untuk itu, siapapun yang nantinya terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Magelang harus kita dukung bersama-sama, untuk kesinambungan dan suksesnya pembangunan di Kabupaten Magelang," ujar Sepyo.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik menyampaikan, kegiatan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tanggal 27 November 2024 akan ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sekaligus Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Pada kesempatan ini kita sekaligus melaunching Maskot Si-Randu (Rukun lan Guyub Mbangun Magelang) yang diinspirasi oleh varietas fauna yang ada di Magelang yaitu Kambing Jawa dan jingle lagu oleh KPU yang berjudul "Magelang Memilih", ungkap Rofik.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar