Diserang Hacker, Proses Penghitungan Suara Pilkada Sempat Terkendala

Dilihat 1532 kali
BERITAMAGELANG.ID - KPU Kabupaten Magelang sempat menghentikan proses penghitungan suara Pilkada Bupati Magelang dan Gubernur Jawa Tengah. Insiden tersebut terjadi karena adanya instruksi dari KPU RI yang menyebutkan server tengah diserang hacker.

"Sebetulnya perhitungan suara ini sudah bisa selesai tadi malam. Namun sekitar pukul 21.30 WIB, kami mendapatkan perintah dari KPU RI untuk menghentikan semua aktivitas perhitungan karena ada tindakan hack (pembajakan)," jelas Ketua KPU Kabupaten Magelang, Affifudin, Sabtu (30/06).

Padahal, lanjut Affifudin, hingga Jumat (29/06) siang pihaknya sudah mencapai 90 persen lebih perhitungan suara. Pembajakan oleh hacker tersebut akhirnya menghambat proses perhitungan suara yang sedang berjalan di Kantor KPU setempat.

"Jadi yang di-hack oleh oknum tersebut adalah data Sistem Informasi Pencalonan (Silon) baik DPR, DPD, DPRD. Oleh karena itu, KPU RI langsung memerintahkan untuk menghentikan aktivitas perhitungan di seluruh Kota dan Kabupaten yang menjalankan perhitungan Pilkada," lanjutnya.

Proses penghitungan suara kembali dilanjutkan pada Jumat pagi. Namun, sepanjang hari tersebut, proses penghitungan suara juga masih sempat terkendala karena perbaikan jaringan. Hingga berita ini diunggah, proses penghitungan suara sudah mendekati 100 persen.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar