Kunjungi Kawasan Borobudur, Ridwan Kamil Siap Jalin Kerja Sama Pariwisata Magelang

Dilihat 1414 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin berbincang santai dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Limanjawi Arti Galery milik Umar Chusaeni, Rabu (5/7/2023) sore.

BERITAMAGELANG.ID - Kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ke beberapa destinasi wisata di wilayah Kabupaten Magelang terutama seputar Borobudur, akan memberikan dampak signifikan pada kunjungan wisatawan ke wilayah ini. Kabupaten Magelang siap melakukan kerja sama di bidang pariwisata dengan wilayah Jabar.


"Karena tadi beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Magelang layak untuk sering  dikunjungi wisatawan," ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin di sela-sela mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkunjung ke Limanjawi Art Galery milik Umar Chusaeni, Rabu (5/7/2023) sore. 


Sebelumnya, Ridwan Kamil menemui Bupati Magelang di Pendopo rumah dinas dengan mengendarai motor tua. Setelah itu, bupati juga mengendarai motor tua mengajak Ridwan Kamil dan rombongan, berkeliling ke destinasi wisata, seperti Watu Putih dan desa Jagalan Kecamatan Borobudur.


Bupati menyampaikan, dirinya menyambut baik ajakan Gubernur Jabar untuk melakukan kerja sama di bidang pariwisata.


"Alhamdullilah, ini  dimulai dengan kedekatan kita saat di Pangandaran, sama-sama naik motor tua dan kita komunikasi. Mas Ridwan Kamil mau datang ke Magelang. Setelah dari Jogja kemudian ke Magelang," ujarnya.


Menurut Bupati, banyak hal yang harus dijalin kerja sama.


"Apalagi pemerintah Jabar terutama Bandung sudah sarat dengan pengalaman yang luar biasa. Tentunya kita harus banyak belajar," tandas Bupati.




Ridwan Kamil mengemukakan, dirinya datang ke Limanjawi Art Galery di Borobudur, karena secara individu, dirinya senang dengan kesenian dan suka melukis.


"Kebetulan di Jogja ada ArtJog  kemudian pak bupati (Magelang) juga sahabat saya, jadi sekalian mumpung ke wilayah Jogja dan Magelang, kita ke pak bupati," katanya.


Kang Emil, sapaan akrabnya, mengaku diberitahu Zaenal, bahwa di wilayah Magelang Raya Borobudur, banyak seniman yang luar biasa.


"Saya kira itu hal yang menjadi daya tarik, ada keindahan alam, juga ada keindahan alam dan ekspresi seni dari seniman-seniman yang saya lihat memang luar biasa," terang Emil.


Ia berharap hal ini menjadi keunggulan dari sisi pariwisata dan juga identitas seni di Magelang, karena ada kombinasi seni dan sejarah serta alamnya subur.


"Ini jadi perhatian dan keunggulan agar orang-orang rajin kesini," imbuhnya.


Iapun menginginkan adanya kerja sama antara seniman di Borobudur dan Jawa Barat. 


Saat berkunjung ke Limanjawi Art Galery, Ridwan melihat langsung proses melukis seniman Easting Medi yang melukis dengan empon-empon, dan Wawan Geni melukis dengan obat nyamuk dan rokok.


Ridwan mengatakan bahwa seni tidak dibatasi oleh cara-cara biasa. Selama menghasilkan sebuah hasil yang baik, proses dibikin dengan apa, seperti abu rokok itu menjadi karya seni yang hebat.


Iapun tegas mengatakan bahwa Kabupaten Magelang layak untuk sering dikunjungi wisatawan, apalagi sekarang sudah banyak tumbuh cafe di seputaran Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar