Lima Hari Tanpa Penambahan Pasien Terkonfirmasi Positif, Satu Pasien PDP Sembuh

Dilihat 968 kali
foto ilustrasi suarajogja.com

BERITAMAGELANG.ID - Sudah lima hari ini, Kabupaten Magelang tidak ada (zero) penambahan pasien positif Covid-19. Praktis, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif masih tetap 147 orang. Rinciannya, tiga dirawat berasal dari Kecamatan Secang, Mertoyudan dan Kecamatan Salaman. Kemudian 140 orang dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif dan empat orang meninggal.


"Terakhir ada tambahan pasien positif sabtu (11/7/2020) kemarin, yakni seorang tenaga kesehatan (nakes) dari Kecamatan Salaman. Saat ini, ia dirawat di RS Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dua pasien positif yang tersisa, berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan Secang. Semoga dalam waktu dekat ini, ada yang sembuh dan tidak ada penambahan pasien positif lagi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada satu pasien yang dinyatakan sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Tegalrejo. "Dengan adanya satu pasien sembuh ini, jumlah PDP yang dirawat tinggal sembilan orang. Untuk jumlah kumulatifnya, ada 312 orang. Selain 9 dirawat, ada 266 PDP sembuh dan 37 meninggal," lanjutnya.


Sedang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada satu orang yang lolos pantau. Meski demikian ada satu ODP baru. Dengan demikian, saat ini ada 29 ODP yang masih dalam pemantauan. "Untuk total pasien yang saat ini dirawat di rumah sakit, ada 12 orang. Mereka tersebar disejumlah rumah sakit. Meliputi RSUD Tidar ada empat orang, RSJ Soerodjo ada tiga orang dan RS Merah Putih ada dua orang, RS paru Airowirawan Salatiga ada dua orang serta satu orang di RS UNS," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar