Masuk Masa Purna Tugas, Bupati Magelang Terus Dorong Pembangunan Di Kabupaten Magelang

Dilihat 475 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang dan jajaran saat menghadiri Rakor Sinergitas Kewilayahan di Kecamatan Secang dan Grabag.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dan jajarannya menghadiri acara Rapat Koordinasi Sinergitas Kewilayahan di Kecamatan Secang dan Grabag, Senin (4/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Magelang beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang berpamitan menjelang masa purna tugasnya sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Magelang yang telah diemban selama dua Periode.

"Desember menjadi penghujung akhir masa jabatan kami mengabdi, kita telah bersama-sama mengabdi, mengelola Pemerintahan, bersinergi dan berkolaborasi, antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan bahkan seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan visi misi mewujudkan masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah)," ungkap Zaenal Arifin.

Selalu Pribadi, Zaenal Arifin mengucapkan terima kasih sekaligus penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Secang dan Grabag.

Ia menyampaikan berbagai program telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian Indikator Kinerja Utama Daerah Tahun 2022, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) telah mencapai 70,85 melebihi target sebesar 70,64, Kabupaten Magelang juga mampu menekan laju Inflasi, sehingga pembangunan di bidang ekonomi dapat tumbuh positif sebesar 6,49 persen dari target sebesar 2,0 - 4,0 persen, dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,46 persen dari target sebesar 3,4 - 4,4 persen, begitu juga dengan angka kemiskinan yang bisa ditekan sebesar 11,09 persen dari target sebesar 11,27- 10,52 persen.

Kemudian, lanjut Zaenal, untuk Indeks Desa Membangun (IDM), saat ini telah tercapai 100 persen, sehingga tidak ada lagi Desa yang berstatus tertinggal, semua desa telah berstatus berkembang, maju, dan mandiri.

Sedangkan atas capaian kinerja daerah, dalam penyelenggaraan urusan Pemerintahan, aspek kesejahteraan masyarakat, aspek daya saing daerah, dan aspek pelayanan umum, dengan 104 indikator kinerja daerah pada RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024 mendapatkan skor sebesar 94,85 dengan predikat kinerja Sangat Baik.

"Tentunya, kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada RT dan RW di masing-masing desa, di mana pada waktu Covid-19 melanda Kabupaten Magelang, RT dan RW bersama seluruh elemen masyarakat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19," ucapnya.

Untuk itu, sebagai wujud apresiasi kepada RT dan RW, Pemerintah Kabupaten Magelang pada tahun 2024 telah menganggarkan pemberian insentif untuk RT dan RW se-Kabupaten Magelang, yang total anggarannya sebesar 19,2 M. 

"Sehingga kami berharap, agar insentif ini bisa menjadi motivasi bagi RT dan RW dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," harap Zaenal.

Untuk diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi di tingkat nasional, maupun di tingkat regional karena sinergitas semua pihak diantaranya, Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan sebanyak 7 kali berturut-turut, Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia sebanyak 6 kali berturut-turut, Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia sebanyak 7 kali dan Penghargaan Bhumandala dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Terbaik 1 Nasional Kategori Penamaan Rupabumi Tingkat Kabupaten/Kota.

Terakhir Zaenal berharap, agar Pemerintahan mendatang bisa menjadi solusi demi kemajuan Kabupaten Magelang dan mempertahankan kinerja yang sudah baik dan terus meningkatkan prestasi.

"Kami juga berpesan, dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu Tahun 2024, jadikan wilayah Kecamatan Secang dan Grabag ini sebagai barometer terciptanya Pemilu yang sejuk, aman dan kondusif," tutupnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar