Mini Lokakarya Penurunan Stunting Digelar di Kecamatan Sawangan

Dilihat 768 kali
Camat Sawangan Yusuf Ari Wibowo membuka kegiatan mini lokakarya penurungan stunting di aula kantor Kecamatan Sawangan, Selasa (28/5/2024)

BERITAMAGELANG ID - UPT KB Kecamatan Sawangan menggandeng Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang menggelar kegiatan mini lokakarya percepatan penurunan stunting tahun 2024 di aula kantor kecamatan setempat, Selasa (28/5/2024). Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan yang dicanangkan BKKBN. 


Pada mini lokakarya kali ini dikhususkan membahas topik mencegah dan semangat untuk menurunkan angka stunting di wilayah Kecamatan Sawangan.


Camat Sawangan,Yusuf Ari Wibowo, saat membuka sekaligus menjadi pemateri dalam acara tersebut mengatakan kegiatan ini rutin. Mini lokakarya stunting dalam satu tahun direncanakan 10 kali dan setiap bulan sekali.


"Dalam kegiatan ini kita menghadirkan berbagai stakeholder yang terkait dengan penanganan stunting, untuk kali ini adalah para bidan desa bagaimana kita sampaikan perkembangan-perkembangan atau evaluasi-evaluasi yang telah kita lakukan untuk nanti menuju pada target 14 persen di akhir tahun," kata Yusuf.


Lebih lanjut Yusuf mengatakan pada kesempatan ini juga menerima kunjungan studi lapangan dari mahasiswi Poltekes Kemenkes Yogyakarta jurusan kebidanan.


Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Sawangan, Heru Sapto Sadono mengungkapkan mini lokakarya stunting itu bagian dari tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kecamatan Sawangan. 


''Kami setiap bulan itu mengadakan mini lokakarya dan mandat itu diberikan kepada camat oleh Sekda tapi kami yang memfasiltasi melalui dana BLKB melalui Dinas Sosial. Yaitu kita setiap saat akan melakukan monitoring, evaluasi, terhadap upaya percepatan penurunan stunting di Kecamatan Sawangan," ucap Heru.


Pada kesempatan yang sama Koordinator Mata Kuliah Promosi Kesehatan Poltekes Kemenkes Yogyakarta Niken Meilani berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi bekal para mahasiswi menjadi bidan di masyarakat.


"Jadi kegiatan hari ini adalah praktik belajar, membawa mereka, memahami, harapannya mereka menjadi bidan nantinya di masyarakat bisa menjadikan itu inovasi  bisa menjadi bekal mereka nanti untuk menjadi bidan di masyarakat," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar