Pemerintah Kabupaten Magelang Terima Penghargan APE Tahun 2023 Kategori Utama

Dilihat 617 kali
Penerimaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

BERITAMAGELANG.ID-Kabupaten Magelang kembali raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 dan berhasil mempertahankan penghargaan katagori Utama. Penghargaan APE 2023 merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menerapkan kebijakan dan program yang mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak. Pada Tahun 2023 ini Kabupaten Magelang memperoleh pengharagaan APE yang kelima kalinya, Pengharagaan diberikan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pada hari Selasa, 19/12/2023, di Gedung Metro TV Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Bupati Magelang yang dalam hal ini diwakili Kepala Bappeda dan Litbangda, M. Taufiq Hidayat Yahya, S.STP., M.Si, menyampaikan Penganugerahan Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan perannya dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Prestasi Pemerintah Kabupaten Magelang dalam APE telah diperoleh mulai tahun 2012 dengan memperoleh  kategori pratama, Tahun 2016 dan 2018 kategori madya sedangkan Tahun 2020 mendapatkan kategori utama.

“Alhamdulillah tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Magelang dapat mempertahankan Penghargaan APE kategori utama. Saya sampaikan terima kasih dan pengharagaan setinggi-tingginya kepada Dinsos PPKB PPPA dan semua pihak yang telah mendukung pencapaian ini,” kata Taufiq. 

Sementara itu Kepala Dinsos PPKB PPPA, Bela Pinarsi, yang ikut mendampingi menyampaikan Indikator pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dilihat dari aspek kelembagaan dan implementasi dari 7 (tujuh) prasayarat yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumberdaya, sistem informasi dan data terpilah, sistem informasi dan data terpilah, alat analisis gender dan partisipasi masyarakat. Tahapan evaluasi penyelenggaraan PUG dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu evaluasi mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, verifikasi final

“Dengan apresiasi penghargaan APE ini diharapkan semangat Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mewujudkan keadilan dan keseteraan gender semakin bertumbuh, dan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mendorong pengarusutamaan gender di berbagai aspek kehidupan masyarakat dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan,” kata Bela.

Perlu digarisbaahi bahwa Implementasi strategi pengarusutamaan gender (PUG) sangat penting dalam pembangunan, untuk dapat mendorong terwujudnya keseteraan dan keadilan masyarakat.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar