Pemkab Magelang Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Dilihat 857 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 di halaman Setda Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke- 77 Tahun 2022 di halaman Setda Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin dan dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, Kamis (10/11/2022). Membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Zaenal Arifin menyampaikan bahwa hari ini tanggal 10 November 2022 masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan seraya memanjatkan doa terbaik bagi seluruh Pahlawan Bangsa yang telah gugur di medan perang.


"Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa, dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," kata Zaenal.


Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan bangsa, anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Hari ini pun bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk Pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. 


"Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!" seru Zaenal.


Menurutnya, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan negara tercinta, untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. 


"Berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah," ujarnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar