TMMD Sengkuyung Kerjasama Pemerintah dan Semua Elemen Masyarakat

Dilihat 1598 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dampingi pemukulan gong oleh Komandan Secaba Rindam IV Diponegoro Letkol Inf Nurohman

BERITAMAGELANG.ID - Upacara penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 digelar di Lapangan Desa Kebonrejo Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Selasa (13/11).

Bertindak sebagai inspektur dalam upacara penutupan tersebut Komandan Secaba (Dansecaba) Rindam IV Diponegoro Letkol Inf Budi Nurohman. Ia menjelaskan selama hampir satu bulan kegiatan TMMD ke 103 secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018. Para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan baik fisik atau non fisik.

"Di setiap kegiatan TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat," jelasnya

Dansecaba menambahkan kegiatan TMMD kali ini mengangkat tema 'TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis'.

''Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah pusat melalui kebijakan membangun Indonesia dari pinggiran. Kebijakan ini memberikan kesempatan untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong serta memantapkan apa yang saya sebut sebagai imunitas bangsa," paparnya.

Sementara itu Perwira Koordinator TMMD Sengkuyung Tahap III Korp Kapt Winarno mengungkapkan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program ini meliputi kegiatan fisik berupa pembangunan jalan cor blok sepanjang 1.000 meter, dengan lebar 2 meter, dan tebal 0,1 meter di Desa Kebonrejo. 

''Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, kebijakan pemerintah daerah dalam membangun desa, serta penyuluhan kamtibmas dan narkoba. Jumlah anggaran akan menyerap dana sebesar Rp. 292.200.000,- yang bersumber dari APBD Provinsi (fisik) Rp. 120.000.000,-; APBD Provinsi (SST) Rp. 42.200.000,-; APBD Kabupaten Rp. 95.000.000,-; swasembada masyarakat Rp. 20.000.000,-; dan UP Buka/Tutup Rp. 5.000.000,-," bebernya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, Pj Sekda Drs Endra Endah Wacana, Kajari Eko Hening Wardono, SH, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas I-B Mungkid Drs. H. Ayip, MH, Danyon Armed 3 Letkol Arm Irwansyah, Kepala Dispermades Ir. Sujadi, Kasatpol PP Imam Basori S.Sos., Msi, Kepala DPU PR Ir. Sutarno, Kasi Pidsus Oky Bogi Nanta SH, Forkopimcam dan kepala desa se-kecamatan Candimulyo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar