Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 Kejari Kabupaten Magelang

Dilihat 2497 kali
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Dandeni Herdiana, sebagai Pemimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 .

BERITAMAGELANG.ID - Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 dengan tema “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi” digelar di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Jumat (22/7/2022).


Upacara dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Dandeni Herdiana. Dalam Amanat Jaksa Agung RI yang dibacakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang disampaikan bahwa Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa merupakan momentum bersama untuk melakukan evaluasi dan introspeksi kinerja selama setahun terakhir. 


“Dan menyusun strategi guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa yang akan datang,” ujarnya.


Hari Bhakti Adhyaksa merupakan hari ulang tahun atau peringatan berdirinya Kejaksaan RI. Adapun maksud dari tema Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 merupakan wujud kepekaan Kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini, serta menunjukan optimisme Kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia. 


Kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat. 


“Karena hukum ditegakan dengan akal pikir, dan keadilan diasah dengan hati nurani,” pesannya.


Oleh karena itu seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan, agar hukum yang adil dapat ditegakan dengan sempurna. 


“Seorang jaksa harus terus mengasah hati nurani agar mampu menyeimbangkan segala aspek hukum, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan jernih sebagai landas pijak setiap tindakan,“ tegasnya.


Disampaikan dalam upacara ada 7 (tujuh) Perintah Harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Adhyaksa dimanapun berada, sebagai berikut:

  1. Tingkatkan Kapabilitas, Kapasitas, dan Integritas dalam Mengemban Kewenangan berdasarkan Undang-Undang.
  2. Kedepankan Hati Nurani Dalam Setiap Pelaksanaan Tugas, Fungsi Dan Kewenangan.
  3. Wujudkan Penegakan Hukum Yang Berorientasi Pada Perlindungan Hak Dasar Manusia.
  4. Tingkatkan Penanganan Perkara Yang Menyangkut Kepentingan Masyarakat.
  5. Akselerasi Penegakan Hukum Yang Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.
  6. Jaga Netralitas Aparatur Kejaksaan guna Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.
  7. Tingkatkan Transparansi Akuntabilitas Kinerja Kejaksaan.


Kajari Kabupaten Magelang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 tahun ini, khususnya Pemerintah Kabupaten Magelang.


Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 kali ini berlangsung sangat meriah. Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang juga mengadakan bakti sosial kepada masyarakat. Setidaknya ada beberapa tempat yang dikunjungi yaitu kawasan wisata Silancur High Land, Nepal Van Java, Gas Block dan masyarakat yang dijumpai di jalan. 


"Harapannya kegiatan yang sudah kita lakukan ini menjadi kegiatan positif bagi pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang yang dapat dilakukan masing-masing. Kita senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan aktif melatih kepekaan terhadap masyarakat di sekitar kita,” imbuhnya.


Selain itu juga ada kegiatan Anjangsana ke rumah senior purnatugas pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang. 


“Karena mereka senior kita, sudah selayaknya kita mengapresiasi dan berterima kasih atas pengabdiannya sebagai bagian dari insan Adhyaksa,” ungkapnya.


Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nanda Cahya Pribadi menyampaikan selamat memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022. 


“Semoga Forkopimda Kabupaten Magelang terus saling bersinergi membawa perubahan kinerja yang positif. Kejari menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia,” ujar Nanda.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar