Pertama Kalinya Posko Ramadhan Dibuka Di Depan Masjid Agung Payaman Magelang

Dilihat 1910 kali
POSKO. Petugas Posko Banser tampak sedang menyeberangkan warga yang beribadah di Masjid Agung Payaman.

BERITAMAGELANG.ID - Posko Ramadhan mulai dibuka oleh Banser dan Ansor Kecamatan Secang pada awal Bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini. Posko tersebut terletak di depan Masjid Agung Payaman Secang Kabupaten Magelang.

Menurut Pembina Banser Satuan Koordinasi Rayon Kecamatan Secang, Padhi Sutadji, posko tersebut bisa dikatakan kali pertamanya dibuka di wilayah Magelang, bahkan Indonesia. Dikarenakan pada umumnya posko baru dibuka menjelang mudik Lebaran.

"Kali ini berbeda konsep dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu posko dibuka pada awal Bulan Ramadhan, bukan menjelang mudik Lebaran.

Maka bisa dikatakan konsep ini kali pertamanya di Magelang bahkan di Indonesia, Posko Banser sudah mulai aktif pada awal Bulan Ramadhan," ucap Padhi Sutadji.

Padhi mengatakan, posko tersebut didukung oleh kekuatan 120 personil yang berjaga secara bergantian untuk melakukan pengamanan aktifitas beribadah warga dan santri.

"Posko ini didukung oleh 60 personil aktif Banser dan 60 personil Anshor sehingga 120 kekuatan personil. Keberadaan posko ini Sudah minta izin ditingkat kepengurusan cabang," terang Padhi.

Selain mengamankan pengajian, juga memberikan informasi kepada penziarah wisata religi, yang mana Masjid Agung Payaman banyak dikunjungi oleh peziarah dari dalam dan luar daerah.

"Khususnya pada Bulan Ramadhan ini terjadi peningkatan kunjungan wisata religi diwilayah ini, sehingga perlu pengamanan tambahan.

Disamping itu keberadaan posko ini juga menjadi pusat informasi kepada pada pengunjung, sehingga bisa diarahkan sesuai dengan tujuannya," ungkap Padhi.

Padhi menambahkan, posko tersebut akan dilanjutkan menjadi Posko Mudik Lebaran, karena memang berada dijalur utama atau jalan provinsi yang menghubungkan antar daerah.

"Nantinya posko lanjut menjadi Posko Mudik Lebaran, untuk melayani pemudik yang mana wilayah Secang adalah jalur ramai penghubung antar daerah," tandas Padhi.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar