Pj Bupati Magelang Buka TMMD Sengkuyung Tahap I di Dusun Sindas

Dilihat 924 kali

BERITAMAGELANG.ID - TNI dan Pemerintah Daerah memiliki program terpadu yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Program tersebut adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto memimpin upacara pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2024 di halaman Kuliner Dusun Sindas I, Kecamatan Secang, Selasa (20/2/2024).


Sepyo menyampaikan program TMMD Sengkuyung merupakan program yang dinantikan sebagai komitmen TNI dan Pemerintah untuk selalu bersinergi dengan masyarakat dalam menciptakan desa yang mandiri dan berdaya saing.


"Diharapkan dapat dilakukan secara jelas, temoto (terlihat jelas) baik proyek fisik maupun non fisik seperti kegiatan di Pancuran Mas Secang ini, seperti rabat beton dan senderan jalan, dan juga non fisik yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, kesehatan, perpustakaan keliling, penanaman pohon dan kegiatan lainnya," ungkap Sepyo pada sambutannya.


TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2024 kali ini berlokasi di Pancuran Mas, Secang Kabupaten Magelang dengan waktu pengerjaan 20 Februari sampai 20 Maret 2024. Sedangkan sasaran kegiatan secara fisik meliputi membangun rabat beton Panjang 410 meter, lebar 4,2 meter, tebal 0,12 meter. Selanjutnya pembangunan senderan 210 meter, tinggi 1 meter, lebar atas 0,3 meter, lebar bawah 0,5 meter. Kemudian pembuatan talud irigasi dengan panjang 300 meter, tinggi 0,4 meter, lebar bawah 0,5 meter.


Danramil 05/ Secang Kapten Arm Sutikno selaku Perwira Koordinator TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2024 dalam laporannya pada Pj Bupati Magelang menyampaikan selain sasaran kegiatan fisik terdapat juga sasaran kegiatan non fisik, yaitu penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas dan narkoba, penyuluhan kesehatan, safari KB kesehatan, perekaman  E-KTP, imunisasi polio, perpustakaan keliling, dan penghijauan.


"Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini secara fisik tentunya diharapkan memperlancar sarana transportasi antar desa dan antar kecamatan, meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan jiwa gotong royong masyarakat dan kemanunggalan TNI rakyat," terang Kapten Arm Sutikno.


Dirinya juga berharap kegiatan ini secara non fisik dapat meningkatkan kesadaran belanegara dan cinta tanah air bagi masyarakat, meningkatkan kesadaran dari penyalahgunaan dan pemakaian narkoba, dan meningkatkan kesadaran arti penting kesehatan yang terlibat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar