Pj Bupati Magelang Serahkan 15.000 Tanaman Cabai

Dilihat 1451 kali

BERITAMAGELANG.ID- Pertanian mempunyai peranan penting dan sangat strategis dalam mendukung perekonomian nasional, terutama mewujudkan ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto saat menghadiri acara penyerahan tanaman cabai kegiatan pengembangan komoditas strategis pertanian di Polbangtan Yogyakarta Magelang (Yoma), Tegalrejo, Kamis (1/2/2024).

Menurut Sepyo, penyerahan sebanyak 15.000 tanaman cabai pada hari ini bukan hanya sekedar simbolisasi, tetapi juga sebagai bentuk komitmen bersama untuk mendukung produksi pertanian sebagai salah satu sektor yang sangat penting.

"Melalui kegiatan ini saya berharap dapat menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik, meningkatkan pendapatan petani, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," harap Sepyo.

Secara luas, penyerahan cabai ini dilandasi upaya untuk memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat, meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan pertanian, khususnya ketahanan pangan, serta meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat agar mampu membangun diri dan lingkungan secara mandiri.

"Saya pesan kepada para penerima bantuan tanaman cabai ini, agar memanfaatkan dan mengelola tanaman cabai dengan sebaik-baiknya sehingga diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya," pesan Sepyo.

Terakhir, Sepyo meminta agar para petani dan masyarakat luas pada umumnya untuk bisa memberdayakan dan mengoptimalkan bidang tanah yang dimilikinya untuk ditanami apa saja yang bisa dimanfaatkan sehari-hari, seperti tanaman cabai salah satunya.

"Paling tidak pada saat harga cabai tinggi, kita bisa mengambil langsung dari pekarangan kita sendiri," katanya.

Sementara Direktur, Polbangtan Yoma, Bambang Sudarmanto menyampaikan bahwa bibit cabai adalah salah satu dari komoditas strategis yang dicanangkan oleh Presiden maupun Kementerian Pertanian, disamping komoditas padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, tebu, kemudian daging sapi dan kerbau.

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat bisa ikut berkontribusi untuk memaksimalkan bidang tanah yang kosong untuk pertanian salah satunya dengan sistem polibag ataupun yang lebih sederhana dengan media tanah.

"Apalagi untuk di wilayah Kabupaten Magelang ini yang wilayahnya terdiri dari pegunungan dengan suhu dingin sehingga sangat mendukung hortikultura sayur-sayuran utamanya tanaman cabai," ungkap, Bambang.

Untuk diketahui bahwa, program penanaman cabai di pekarangan oleh Kementerian Pertanian ini dilaksanakan di 33 Provinsi di seluruh Indonesia dengan target penanaman 1 juta pohon cabai.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar