PMI Droping Air, Perempuan Penerima Manfaat Terbesar

Dilihat 822 kali
Distribusi air di SMP Negeri 1 Candimulyo (INSTAGRAM PMIKABMAGELANG)

BERITAMAGELANG.ID-PMI Kabupaten Magelang melakukan droping air bersih 5000 liter untuk SMP Negeri 1 Candimulyo. Kegiatan itu dilansir akun instagram pmikabmagelang pada tanggal 9 Nopember 2023 lalu.


Bukan hanya di SMP Negeri 1 Candimulyo saja pada hari itu akun dimaksud juga melakukan droping air bersih di 2 lokasi lainnya yaitu di Dusun Sambungan dan Ngasinan Desa Kembanglimus Borobudur.


Ketika di konfirmasi Ketua PMI Kabupaten Magelang, Labaika Nugroho melalui stafnya, Ariyanto Ardi Saputro membenarkan aktivitas PMI memberi bantuan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih tersebut.


"Kegiatan droping air bersih itu sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2023 yang lalu sampai saat ini," ungkap Ari.


Berdasarkan data Infografis, Rekap Layanan Air Bersih PMI kabupaten Magelang per 10 Nopember 2023, PMI Kabupaten Magelang telah melakukan droping air bersih untuk meringankan beban warga masyarakat terdampak kemarau panjang ini. Setidaknya, sudah 10 wilayah Kecamatan, 8258 KK, dan 30.459 jiwa penerima manfaat dari kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 26 Agustus tersebut.


Layanan droping air bersih bagi 10 wilayah kecamatan itu dilakukan  103 kali layanan yang membawa air bersih berjumlah 520.400 liter. Wilayah kecamatan yang mendapat layanan adalah, Kecamatan Borobudur dengan  83 kali layanan, Salaman 7 kali, Tegalrejo 5 kali,  Tempuran 2 kali, Bandongan, Candimulya, Ngablak, Ngluwar. Pakis, Windusari masing-masing memperoleh satu kali layanan.


Perempuan, Penerima Manfaat


Jika dilihat dari sisi gender, penerima manfaat terbesar dari kegiatan droping air bersih adalah perempuan. Disebutkan perempuan penerima manfaat kegiatan itu berjumlah 16.116 jiwa (53 persen). Sedangkan jumlah lelaki penerima manfaat sebesar 14.120 jiwa (47 persen).


Untuk melaksanakan droping air bersih PMI memobilisasi personil berjumlah 328 orang, terdiri dari 247 personil (75 persen) merupakan relawan dan selebihnya adalah pengurus dan staf.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar