Silaturahmi Akbar Kebhinekaan Wujudkan Pesta Demokrasi Aman, Damai, Sejuk dan Kondusif

Dilihat 1791 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kepolisian Resor Magelang menggelar Silaturahmi Akbar Kebhinekaan dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi di wilayah Kabupaten Magelang yang aman, damai, sejuk dan kondusif yang diselenggarakan di Ruang Semanggi Ballroom Artos Hotel Magelang, Rabu (26/09).

Selain dihadiri Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, SIK., SH., acara tersebut juga menghadirkan pembicara Wakil Ketua MUI Jawa Tengah, Dr. KH. Fadlolan Musyaffa, LC dari Semarang.

Dalam sambutannya, Kapolres Magelang mengapresiasi pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di wilayah Kabupaten Magelang dapat berjalan aman, nyaman, dan damai.

"Hal ini merupakan bukti bahwa ini semua adalah kerja keras kita bersama, tidak hanya para penyelenggara Pemilu, TNI, Polri, KPU, Panwas, kemudian para kontestan Pemilu, tetapi partisipasi semua masyarakat Kabupaten Magelang dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman," kata Kapolres.

Sementara itu, lanjut Hari, pelaksanaan Pilkada 2018 di Kabupaten Magelang bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di Jawa Tengan ataupun Indonesia.

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa di beberapa daerah terjadi konflik khususnya di Jawa Tengah ada 2 wilayah yang memicu keributan itu sempat terjadi permasalahan selisih paham yang disebabkan oleh adanya praktek money politic dan black campaign. Namun alhamdulillah berkat kerjasama dari aparat Pemerintah dan elemen masyarakat setempat maka tidak meluas menjadi keributan," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Magelang, Sulaiman Efendi mengatakan tak lama lagi di beberapa desa di Kabupaten Magelang juga akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa.

"Tak lama lagi, nggak sampai satu bulan ada juga Pilkades di beberapa kecamatan. Kemudian tahun 2019 nanti ada juga masyarakat kita menyebutnya tahun politik karena di bulan April 2019 akan ada Pilpres, DPD, DPRD 1, 2 dan DPR RI. Bisa kita bayangkan pas pesta demokrasi nanti tidak menutup kemungkinan adanya unsur atau orang yang tidak senang dengan kemapanan, sejuk, dan kondusivitas," ungkap Sulaiman.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kesbangpol Karya Humanita, S.Sos mewakili Bupati Magelang, Kabag Kesra Drs. H. Jawawi, Danramil Mertoyudan Kapten Arm. Pitoyo, PJU Polres Magelang, serta perwakilan SKPD terkait dan Ormas.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar