Purna Paskibraka Duta Pancasila Didorong Jadi Panutan Masyarakat

Dilihat 1202 kali
Perwakilan Purna Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Magelang diwakili oleh Fathah Rais Afifi siswa SMAN 1 Kota Mungkid dan Magita Tiara Tifanny siswi SMAN 1 Grabag. Mereka dilantik oleh Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto di Command Center Room disaksikan para Asisten serta Kepala OPD terkait, Selasa (28/12).

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melantik Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 secara virtual, diikuti oleh Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah, Selasa (28/12).


Perwakilan Purna Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Magelang diwakili oleh Fathah Rais Afifi siswa SMAN 1 Kota Mungkid dan Magita Tiara Tifanny siswi SMAN 1 Grabag. Mereka dilantik oleh Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto di Command Center Room disaksikan para Asisten serta Kepala OPD terkait.


Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila.


"Amalkan nilai-nilai luhur Pancasila, jadilah teladan dan panutan masyarakat, tularkan jiwa Pancasila, serta praktikkan dalam kehidupan sehari-hari," pesannya.


Memasuki era industri 4.0, membuat informasi berkembang pesat, diikuti berbagai permasalahan yang mengganggu stabilitas masyarakat, sehingga harus ditangani dengan baik. 


Menurut Wagub, pemasifan budaya Pancasila, budaya gotong royong, serta budaya ketimuran melalui media-media membutuhkan peran generasi muda.


"Dalam diri Duta Pancasila agar dapat muncul rasa gotong royong dan rasa kebersamaan, sehingga apabila terdapat kejadian yang tidak baik di masyarakat, empati dapat muncul serta tanggap dalam menanggulangi permasalahan," tandasnya.


Taj Yasin Maimoen mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus menjadi pedoman hidup. Ia menegaskan, pemersatu dan pemerkuat bangsa yang terkuat adalah Pancasila.


"Semangat menyematkan Pancasila, semangat memberikan kontribusi di negara Republik Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk membudayakan serta membumikan lagi Pancasila dan budaya timur yang mulai luntur," tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar