Raih Omzet Rp300 Juta, Muntilan Expo Dorong Kebangkitan UMKM

Dilihat 859 kali
Event Muntilan Expo 2022 untuk kebangkitan ekonomi paska pandemi dengan omset hingga Rp 300 juta

BERITAMAGELANG.ID - Geliat Muntilan Expo 2022 memberi nilai lebih untuk UMKM di wilayah tersebut. Sedikitnya omzet Rp300 juta berdasarkan total pendapatan rata-rata UMKM peserta Muntilan Expo yang diselenggarakan 10-13 November 2022.


Ketua Panitian Muntilan Expo 2022, Purwoko mengatakan masayarakat Kecamatan Muntilan dan sekitarnya antusias untuk menghadiri bazar UMKM ini.   


"Kalau dikalkulasi omzet yang masuk ke para peserta UMKM itu sekitar Rp300 juta selama 4 hari. Jumlah pengunjung di kisaran per hari 1.500 sampai 2 ribu," kata Purwoko di sela acara penutupan Muntilan Expo 2022, Minggu (13/11/2022). 


Menurutnya, jumlah pengunjung rata-rata mencapai 1.500 sampai 2.000 orang per hari. Jumlah pengunjung membludak jika ada pertunjukan kesenian tradisional yang tampil hingga malam hari. Kegiatan pameran  UMKM ini diprakrsai oleh komunitas Joxzin Kita Muntilan. Hal itu untuk mendorong bangkitnya UMKM di Kabupaten Magelang yang sempat terpuruk selama pandemi. 


Sementara itu, Penasehat Joxzin Kita yang juga Pimpinan PPI Al Iman Muntilan, Muhamaad Zuhaery mengatakan, suksesnya Muntilan Expo 2022 menunjukkan perekonomian masyarakat mulai pulih. Menurutnya, dari antusias masyarakat ini menjadi sinyal perekonomian pasca pandemi mulai merangkak naik dan perlu diapresiasi oleh semua pihak.


"Perlu dukungan pemerintah sehingga masyarakat yang tertimpa pandemi sekitar 2 tahun, bisa bergeliat dan kesejahteraan masyarakat meningkat," ujar Muhamad Zuhaery.


Digelarnya pertunjukan kesenian tradisional selama Muntilan Expo 2022 bertujuan melestarikan dan mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat.   


Dijelaskan Zuhaery, mendapatkan keuntungan ekonomi bukan satu-satunya tujuan dari penyelenggaraan Muntilan Expo 2022. Karena di dalamnya juga ada target mengasah kepekaan sosial para pelaku UMKM. Selain itu dalam konteks acara ini, selain mengangkat perekonomian juga mengangkat seni budaya lokal. 


"Agar masyarakat paham ternyata kita punya seni dan budaya yang sangat kaya," ujarnya.


Dalam momen ini juga digelar aksi sosial pembagian paket sembako oleh Joxzin Kita yang bekerja sama dengan lembaga amil zakat infak dan sedekah (Lazis) Assalam Fil Alamin Jakarta. Paket bantuan itu diserahkan kepada 150 keluarga dhuafa dan fakir miskin yang tinggal di sekitar Muntilan, Salam, Dukun, dan Mertoyudan. Penyerahan bantuan bahan pokok untuk kaum dhuafa dan fakir miskin itu menutup rangkaian acara Muntilan Expo 2022 yang digelar di halaman kompleks Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.


"Kita pesankan di balik kita UMKM dan berkesenian budaya, perlu juga kita perhatikan saudara-saudara kita yang dalam hal ini kurang beruntung," kata Muhamaad Zuhaery.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar