RAPI Semprot Disinfektan di Sejumlah Desa di Mertoyudan

Dilihat 836 kali
Relawan RAPI melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Balai Desa Danurejo Mertoyudan Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Penyemprotan cairan disinfektan digelar Radio Antar Penduduk Indonesia  (RAPI) 51 55 Kecamatan Mertoyudan, di Desa Bondowoso dan Desa Danurejo, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Minggu (11/7/2021).


Ketua Lokal RAPI Mertoyudan, Iwan Hermawan, mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh unsur Babinkamtibmas dan Babinsa, serta unsur Satgas Covid-19 Pemdes masing-masing, ditambah 20 personil RAPI 51 55.


"Untuk wilayah Desa Danurejo Kecamatan Mertoyudan terdapat 23 titik penyemprotan, dan untuk Desa Bondowoso ada delapan titik penyemprotan.


Dengan prioritas lokasi penyemprotan adalah lingkungan rumah warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri, tempat ibadah, poskamling, serta ruang publik," ucap Iwan.


Iwan mengatakan anggaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut berasal dari swadaya.


"Anggaran dari swadaya masyarakat. Pada minggu lalu kami melaksanakan penyemprotan disinfektan di Pasar Desa Danurejo, dan pada minggu depan rencananya penyemprotan di wilayah Desa Banyurojo dan Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan," paparnya.


Sekretaris Desa Danurejo, Andi Riwayanto mengatakan di wilayah Desa Danurejo, warga yang melakukan isolasi mandiri cukup banyak. Dalam kurun waktu Juni hingga Juli terdapat 55 warga isolasi mandiri di rumah.


"Dari 55 warga tersebut, sudah selesai melaksanakan isolasi mandiri 13 orang. Adapun warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 dalam bulan Juni dan Juli ada 10 warga," terang Andi.


Andi menambahkan, dalam kegiatan penyemprotan disinfektan ini juga dilaksanakan sosialisasi penegakan protokol kesehatan dan motivasi dorongan moril kepada warga yang melakukan isolasi mandiri.


"Harapannya, penyebaran Covid-19 dapat berkurang di desa kami, dan warga yang isolasi mandiri segera sembuh," harapnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar