Ratusan Anggota PPK Pilkada 2024 Resmi Dilantik

Dilihat 794 kali
Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forkopimda saat menghadiri acara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2024.

BERITAMAGELANG.ID - Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forkopimda menghadiri acara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2024 bertempat di Gedung Pertemuan PDAM, Mungkid, Kamis (16/5/2024).


Sepyo Achanto mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik. Ia berharap seluruh anggota PPK dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, sehingga Pilkada nanti dapat diselenggarakan dengan lancar, aman, jujur, adil dalam suasana damai dan kondusif. 


Pada kesempatan kali ini Ia berpesan agar para PPK dapat bekerja sesuai dengan ketentuan, memahami akan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya, mempedomani kode etik sebagai petugas pelaksana, bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra demokrasi. 


"Anggota PPK harus memahami tugas pokok dan fungsi, kewenangan serta kewajibannya dengan ikhlas dan tanggung jawab," kata Sepyo.


Kembali ia menekankan agar PPK senantiasa menjaga integritas, netralitas dan kredibilitas penyelenggaraan Pilkada karena hasil pemilihan yang baik ditentukan pula oleh proses penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.


"Marilah kita dukung dan kawal bersama tahapan Pilkada Tahun 2024. Kita jaga bersama, keamanan, ketertiban, kerukunan dan kondusifitas di Kabupaten Magelang," ajaknya.


Sepyo juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang akan mendukung penuh tugas dari KPU dalam menjalankan tugas, baik dari segi anggaran maupun sarana prasarana yang dibutuhkan.


"Pemkab akan selalu mendukung kepada yang berwenang (KPU) seperti Pemilu maupun Pilkada yang sebelumnya, seperti apabila ada kekurangan SDM, sarana prasarana, maupun anggaran seperti yang sudah diajukan oleh KPU sebelumnya," kata Sepyo.


Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofiq mengatakan tahapan demi tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati sudah dilaksanakan sejak Februari.


Saat ini KPU sedang melakukan pembentukan Badan Ad Hoc dengan melakukan pembentukan PPK yang dibuka melalui aplikasi Siakba, dimana semua calon pendaftar PPK harus mendaftar melalui Siakba.


"Ada 517 yang mendaftar dan dinyatakan lolos administrasi sebanyak 358 orang," kata Rofiq.


Setelah lolos administrasi maka dilanjutkan dengan tes tertulis melalui CAT (Computer Assisted Test) yang dilaksanakan di Unimma dengan jumlah kehadiran sebanyak 286 peserta yang dilanjutkan dengan wawancara.


"Alhamdulillah yang hadir pada wawancara sebanyak 278 dan kemudian kita lantik pada hari ini," beber Ahmad Rofiq.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar