Ribuan Pelamar PPPK Pemkab Magelang Bersaing dalam Seleksi Kompetensi Berbasis CAT

Dilihat 1058 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 1.549 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemerintah Kabupaten Magelang mengikuti seleksi kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta, mulai hari ini Kamis (30/11/2023) hingga Sabtu (2/12/2023). Sistem seleksi berbasis CAT merupakan bentuk transparasi pengadaan ASN yang ditayangkan secara live score melalui media Youtube Channel Official BKN yang dapat disaksikan oleh masyarakat.


Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian BKPPD, Agung Satria Utama.  Ia menambahkan, peserta terbagi menjadi dua ruangan pada setiap sesi, tiap ruangan terdiri dari 150 peserta. Sehingga total peserta pada setiap sesi berjumlah 300 peserta.


Agung mengingatkan kepada seluruh peserta tes untuk tidak memakai perhiasan, ikat pinggang atau aksesoris.


“Dokumen yang wajib dibawa hanya kartu ujian, KTP, serta pensil kayu, peserta melakukan registrasi, body checking kemudian diberikan PIN peserta,” terangnya.


Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Sungedi menjelaskan  Pemerintah Kabupaten Magelang membuka formasi PPPK sebanyak 433 formasi yang terdiri dari formasi jabatan fungsional guru sebanyak 129, tenaga fugsional kesehatan sebanyak 160, dan tenaga teknis sebanyak 144.


Selanjutnya, para pelamar perlu mengikuti serangkaian tes seleksi PPPK 2023 yang terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.


"Tahap seleksi kompetensi PPPK terdiri dari seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara", rincinya.


Keempat tes ini dilaksanakan dalam durasi waktu 120 menit. Namun, khusus pelamar disabilitas mendapat durasi waktu 150 menit, dengan jumlah soal 90 soal kompetensi teknis, 25 soal kompetensi manajerial, 20 soal sosial kultural dan 10 soal wawancara.


Sungedi berpesan agar peserta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mengerjakan soal ujian.


"Fokus, gunakan strategi pengerjaan soal dengan mempertimbangkan waktu yang disediakan, percaya diri, yakin dan selanjutnya berdoa untuk hasil yang terbaik", pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar