Ribuan Umat Budha Akan Ikuti Prosesi Waisak 2023 di Candi Borobudur

Dilihat 2227 kali
PErsiapam perayaan Waisak 2023, diperkirakan lebih dari 4.500 umat Budha ikuti prosesi Waisak 2023 di Candi Borobudur

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah umat Budha yang akan mengikuti Perayaan detik-detik Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah  akan bertambah dibanding tahun sebelumnya.

Ketua DPD 2 Walubi Jateng, Tanto Soegito Harsono mengatakan, jumlah umat yang mengikuti prosesi detik-detik Waisak pada tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Tak kurang  4.500 umat yang akan mengikuti prosesi yang dilaksanakan pada 4 Juni 2023.

"Tahun kemarin kan diikuti 1200 umat," ujarnya saat ditemui usai rapat persiapan Waisak di Candi Borobudur, Selasa (16/5/2023).

Menurutnya, tahun ini yang diizinkan sebanyak 4500 umat, itu yang di plataran candi. Seandainya, lebih dari 4500 umat, sisanya akan berada di Taman Lumbini.

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan detik-detik Waisak diawali dengan arak-arak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur sekira pukul 06.30 WIB. Sedangkan detik-detik Waisak jam 10.41.19 WIB. Setelah itu, mendengarkan ceramah-ceramah dari bhante dan biksu disambung pradaksina. "Pradaksina kali ini  juga diikuti Bante Tudhong dengan  membawa kitab suci dan akan mengitari candi," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari Museum dan Cagar Budaya Candi Borobudur, Yudi Suhartono mengatakan untuk kegiatan Waisak sudah mendapatkan izin dari Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek.

"Untuk jumlah umat di Pelataran yang disetujui sebanyak 4500 umat. Sedangkan, yang naik ke struktur candi sesuai SOP sebanyak 150 orang dalam satu waktu,"paparnya.

Terpisah,  General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tempat hingga alur masuk untuk umat pada saat prosesi Waisak.

Ia menjelaskan, soal prosesi Waisak yang akan berlangsung dari Candi Mendut, Pawon, dan Borobudur pihak TWC telah siapkan mulai dari akses masuknya, kemudian, lokasi kegiatannya, sampai mereka selesai melakukan prosesi ritual. 

"Karena, proses ritual ini akan megambil di zona satu jadi sudah dipersiapkan semuanya," ujar Jamaludin. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar