Naik Kuda, Bupati Magelang Pimpin Ritual Sedekah Bumi Gunung Andong

Dilihat 2203 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP memimpin prosesi kirab Ritual Gunung Andong dalam sedekah bumi Merti Desa Girirejo Kecamatan Ngablak, dengan menunggang kuda

BERITAMAGELANG.ID - Desa Girirejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang gelar kegiatan Merti Desa Saparan. Rangkaian acara dimulai sejak Sabtu (10/11) hingga puncaknya hari ini, Selasa (13/11), berupa Kirab Tumpeng Ritual Gunung Andong.

"Pada malam Minggu kemarin jumlah pengunjung hingga 2.000 orang datang ke acara merti desa ini. Dan pada puncak acara, pengunjung bisa mencapai 3.000-an, dari masyarakat Magelang sekitar dan luar kota, seperti Semarang, Yogyakarta dan lain-lain," ucap Kepala Desa Girirejo, Slamet Riyadi.

Slamet menerangkan, kegiatan tersebut merupakan kali ketiga dilaksanakan dengan kemasan yang megah dan menarik. Termasuk menyediakan stand untuk masyarakat yang ingin menggelar produk dagangannya.

"Ada panggung hiburan, pertunjukan wayang lengkap dengan gamelan, serta masyarakat juga menggelar dagangan UMKM di sekitar lokasi, sehingga memberikan pemasukan kepada masyarakat," lanjutnya.

Sebagai puncak acara, dalam Ritual Gunung Andong melibatkan tujuh tumpeng dan 276 tumpeng dari setiap dusun. Tumpeng sebagai rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesuburan tanah lembah Gunung Andong, sumber air serta udara yang bersih.

Kemudian tujuh tumpeng tersebut dibawa ke Gunung Andong melalui prosesi kirab, dengan menggunakan tandu diarak ke Gunung Andong sekitar 2 kilometer. Dengan diiringi tarian tradisional dan beragam kesenian. Ritual tersebut dipimpin langsung Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dengan menunggang kuda.

"Tujuh tumpeng dikirab ke Gunung Andong, setelah sampai di lokasi kemudian didoakan, dan setelah itu tumpeng dimakan bersama oleh hadirin yang datang. Untuk tumpeng dari masing-masing dusun berjumlah 276 tidak turut dikirab, tetapi didoakan bersama di tempat pusat kegiatan di Dusun Sawit, kemudian setelah didoakan dibawa pulang ke rumah masing masing," jelasnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, manusia tidak bisa lepas dari hubungannya dengan Tuhan karena pemberi kehidupan dan alam sebagai tempat untuk hidup.

"Saya pribadi berikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Girirejo beserta masyarakatnya, hari ini dilaksanakan sedekah bumi, merti desa untuk kembalikan posisi manusia hubungan dengan Tuhan dan alam," ujar Bupati.

Bupati menambahkan, kegiatan tersebut mampu memberikan efek positif kepada dunia wisata di Kabupaten Magelang. Dimana sudah terjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang.

"Dengan kemasan yang menarik akan tumbuh dan berkembang jadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Magelang, khususnya Dusun Sawit, Desa Girirejo yang memang sudah menjadi destinasi desa sebagai basecamp para pendaki yang akan naik ke Gunung Andong. Dengan pengelolaan yang baik, tentunya akan mampu mensejahterakan masyarakat," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar