Sekolah Ini Pahamkan Toleransi Pada Siswa Spesial

Dilihat 2424 kali
Kedekatan para siswa SD ALAM IT AL HIKMAH dengan guru dalam proses belajar mengajar

BERITAMAGELANG.ID - Lembaga pendidikan selain mengajarkan ilmu di bidang akademik, juga dituntut mendidik siswa dalam hal perilaku sosial. Salah satunya pendidikan moral dengan mengajarkan sikap bertoleransi.


Sikap toleransi menjadi salah satu kebutuhan sikap yang sangat penting, agar terciptanya saling menghargai dan menghormarti.


Hal tersebut dipraktekkan oleh SD ALAM IT AL HIKMAH dengan mengajarkan sikap toleransi kepada siswa yang mempunyai kekurangan dari yang lainnya.


"Terdapat siswa yang normal dan ada siswa yang berkebutuhan khusus dipadukan belajar bersama dalam satu ruangan belajar. Siswa yang berkebutuhan khusus seperti ada anak yang kekurangan dalam kondisi fisik atau mental," kata Waka Kurikulum SD IT ALAM AL HIKMAH, Rahmawati Wulan.


Menurutnya, ketika anak sejak dini sudah menyadari bahwa ada anak lain yang mempunyai kondisi yang berbeda, ke depannya akan terbiasa. Sehingga dapat memunculkan rasa toleransi dan empati yang tinggi dengan perbedaan tersebut.


Dijelaskannya, para guru harus mengajarkan sikap toleransi kepada anak sedini mungkin. Mendidik kepada siswa lain untuk bisa saling menerima perbedaan, khususnya terhadap anak yang memiliki suatu kekurangan dan disebutnya siswa atau anak spesial.


Pihak sekolah menyediakan guru khusus untuk mendampingi anak yang spesial tersebut. Jika ada siswa spesial yang melakukan kegiatan belajar bersama-sama, namun kurang mampu mengikuti pelajaran, maka akan ada kelas khusus.


Dalam menerima murid, SD ALAM IT AL HIKMAH tidak melalui tes, hanya dilakukan observasi siswa dengan melihat kesiapan anak untuk masuk sekolah, kondisi emosional, serta caranya beradaptasi dengan teman-temannya.


"Kami melakukan hal tersebut, agar bisa membedakan antara siswa spesial atau tidak. Sekolah kami menerima siswa apa adanya dan menerima anak yang spesial atau berkebutuhan khusus tapi berdasarkan kuota, (tiap) satu kelas  ada dua siswa dengan kebutuhan khusus," jelasnya.


Selain itu, ada aturan harian yang berlaku yaitu larangan siswa membawa uang saku karena dari pihak sekolah menyediakan konsumsi bagi para murid.


"Kami sudah sediakan konsumsi bagi siswa dan kami jamin standar kesehatannya. Kami tidak ingin siswa jajan sembarangan di sekolah," tegasnya.


Berlokasi di Jl. Stasiun Barat Krajan 1 RT 15 RW 05 Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, SD IT ALAM AL-HIKMAH pernah menjadi juara terbaik kedua se Jawa Tengah dalam Sekolah Adiwiyata 2018 yang merupakan bentuk integrasi antara kegiatan sekolah dengan lingkungan hidup.


"Setelah mendapat Juara 2 terbaik se-Jateng, pada 2019 ini kami dipercaya dan sedang mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam Adiwiyata Nasional, mewakili provinsi Jawa Tengah," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar