Sekda Ajak Masyarakat Amalkan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dilihat 1107 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengajak masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Magelang terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila adalah nilai luhur bangsa Indonesia yang harus senantiasa dilanggengkan dan dilanjutkan untuk pedoman hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.


"Sehingga nilai-nilai yang ada dari sila pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima (Pancasila) itu adalah nilai-nilai luhur yang digali dari bangsa Indonesia sendiri. Kita amalkan dengan sebaik-baiknya," demikian pesan Adi Waryanto usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari ruang CCR Komplek Setda Kabupaten Magelang, Rabu (1/6/2022).


Adi Waryanto menambahkan, hari lahirnya Pancasila ini menjadi kekuatan dan keuntungan bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi dan alat pemersatu bangsa Indonesia, yang senantiasa terus dijunjung tinggi. 


"Sehingga kita harus kuat, jangan sampai ada upaya-upaya memecah belah bangsa Indonesia dengan adanya Pancasila ini," tandasnya.


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini dipusatkan dari Kota Ende Nusa Tenggara Timur yang dipimpin langsung Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. Sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Presiden Jokowi mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, menciptakan sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola kehidupan di dunia yang lebih sehat, lebih damai lebih berprikemanusian dan lebih berprikeadilan.


"Terakhir, saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. 


Mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," pungkasnya.


Turut mendampingi Sekda Kabupaten Magelang dalam mengikuti upacara tersebut, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nanda Cahyadi Pribadi; Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Iwan Sutiarso; serta Asisten Administrasi Umum, Asfuri beserta kepala OPD di lingkungan Setda Kabupaten Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar