TMMD Sengkuyung Tahap II Digelar di Desa Ngepanrejo, Bandongan

Dilihat 1704 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin upacara pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2023 di halaman Kecamatan Bandongan, Rabu (12/7/2023). Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II ini juga dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, OPD terkait dan jajaran Forkompimcam Bandongan.


Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, kemanunggalan TNI bersama rakyat menjadi suatu hal yang tidak boleh berubah sebagai jati diri TNI yang menjadi sumber kekuatan moral dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.


Untuk diketahui, program TMMD ini dilaksanakan secara serentak di Jawa Tengah yang dimulai pada 12 Juli hingga 10 Agustus 2023. TMMD dilaksanakan di Dusun Petung Lumut, Desa Ngepanrejo Kecamatan Bandongan.


Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan kegiatan TMMD Tahap II ini berupa kegiatan pembangunan fisik betonisasi jalan dengan panjang 266 m, lebar 2 m, tebal 12 cm, dan senderan jalan dengan panjang 15 m, tinggi kurang lebih 3-6 m, serta RTLH 1 unit rumah di Kecamatan Mertoyudan yang berasal dari anggaran Baznas Kabupaten Magelang sebesar 10 juta rupiah.


Kegiatan non fisik berupa sunatan massal bagi anak keluarga tidak mampu sebanyak 15 orang, penyuluhan kesehatan dari OPD terkait dan penyuluhan Kamtibmas/Anti Narkoba Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dari TNI dan Kepolisian.


"Kami melihat kegiatan TMMD sebagai bentuk karya bakti dan kemanunggalan TNI yang pada dasarnya mempunyai dua dimensi sasaran yaitu, upaya untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mendukung terwujudnya ketahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta dan memotivasi serta menumbuhkan semangat kegotong-royongan guna menciptakan proses pemberdayaan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam akselerasi pembangunan di pedesaan," ungkap Zaenal Arifin.


Lebih lanjut Zaenal mengatakan, untuk mendukung sasaran tersebut, TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) sudah tentu membutuhkan dukungan dan kerja sama dengan rakyat. 


"Kami menyambut baik kegiatan program TMMD yang dilakukan secara terus menerus, karena sebagai wadah efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat," katanya.


Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar TNI, POLRI dan juga segenap lapisan masyarakat lainnya yang telah berpartisipasi secara aktif, baik langsung maupun tidak langsung dalam mendukung kegiatan TMMD.


Menurutnya, Ini merupakan wujud solidaritas dan tanggung jawab bersama dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dalam rangka menumbuhkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan. 


Perwira Koordinator TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II, Lettu Arm Suyanta menyampaikan, manfaat yang diharapkan dari kegiatan fisik ini untuk memperlancar arus transportasi antar desa dan antar kecamatan serta mencegah terjadinya tanah longsor, meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan jiwa gotong royong masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat .


"Sedangkan manfaat kegiatan non fisik, meningkatkan bela negara dan cinta tanah air bagi masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah dan peredaran penggunaan narkoba, meningkatkan kesadaran arti pentingnya kesehatan bagi masyarakat," jelasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar