TMMD Sengkuyung Tahap III Bangun Jalan Cor Blok di Wilayah Rawan Bencana

Dilihat 1351 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin secara simbolis menyerahkan alat untuk TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2023.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023 di Desa Kalibening Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (20/9/2023).


Bupati menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar TNI, POLRI dan juga segenap lapisan masyarakat lainnya yang telah berpartisipasi aktif, baik langsung maupun tidak langsung dalam mendukung kegiatan TMMD kali ini.


"Mari kita bersama-sama melalui penguatan sinergitas dan kolaborasi guna mendukung pemerataan pembangunan, agar desa lebih maju dan sejahtera, sekaligus membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Zaenal.


Lebih lanjut ia menyampaikan Program TMMD ini dilaksanakan mulai 20 September hingga 10 Oktober 2023 di Dusun Cepek, Desa Kalibening, Kecamatan Dukun. Bentuk kegiatannya berupa pembangunan fisik betonisasi jalan dengan panjang 660 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 10 cm.


Di samping itu kegiatan non fisik berupa penyuluhan kesehatan dari OPD terkait dan penyuluhan kamtibmas/ anti narkoba, wawasan kebangsaan dan bela negara dari TNI dan kepolisian.


"Saya berharap kegiatan TMMD seperti ini dapat terus diselenggarakan dan dikembangkan secara berkelanjutan, karena selain bisa membantu mengatasi kesulitan rakyat, juga sebagai wadah atau sarana yang cukup efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat," harap Zaenal Arifin.


Dandim 0705/Magelang Letkol Inf. Jarot Susanto mengatakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III ini berupa fisik dan non fisik. Untuk fisik berupa pengecoran jalan, salah satunya di wilayah rawan bencana.


"Dampak atau manfaat dari pengerjaan TMMD ini adalah salah satunya untuk jalur evakuasi dan sebagai jalur transportasi, sehingga nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat," beber Letkol INF. Jarot Susanto.


"Harapannya, kegiatan TMMD ini sengkuyung bersama masyarakat dan TNI untuk mendukung tugas dari pada Pemerintah Daerah," ungkap Jarot.


Target pengerjaan jalan cor blok pada TMMD Sengkuyung Tahap III ini selama 1 bulan dan ditambah 1 unit rumah yang akan diperbaiki melalui program RTLH.


Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III ini juga dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, OPD terkait, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang dan Forkompimcam Dukun.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar