Wartawan dan MUI Jawa Tengah Dorong Pemberitaan Positif Soal Covid-19

Dilihat 1080 kali

BERITAMAGELANG.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyerukan bersama agar dalam pemberitaan Covid-19 media massa dan media sosial menonjolkan narasi positif. Harapannya agar masyarakat terjauhkan dari traumatika berkepanjangan di tengah kondisi Covid-19 yang masih mengganas.


Seruan bersama tersebut ditandatangani Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS dan Ketua Umum MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji, di Studio TVKU, Senin (12/7/2021). Usai penandatanganan naskah seruan bersama, dilanjutkan webinar bertema Urgensi Bernarasi Positif dalam Pemberitaan Media di tengah Kondisi Covid-19.


Ketua Komisi Infokom MUI Jawa Tengah Isdiyanto Isman yang membacakan naskah seruan bersama menegaskan, ada empat butir seruan. Pertama, PWI Jateng dan MUI Jateng mengajak media massa dan media sosial untuk tidak memblow-up berita dan informasi seputar perkembangan kondisi Covid-19 dengan narasi-narasi yang berpotensi memunculkan trauma di kalangan masyarakat. PWI-MUI menyerukan, saatnya berita dan informasi, dikonstruksikan menjadi berita dan informasi yang mampu membangun rasa optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi.


"Kedua, berita adalah konstruksi dari peristiwa. Maka dalam mengemas perkembangan seputar Covid-19 media massa diingatkan agar menggunakan nurani tertingginya, sehingga berita yang tersaji tidak menimbulkan rasa trauma masyarakat, melainkan justru sebaliknya mampu membangkitkan semangat dan optimisme masyarakat untuk melawan pandemi," ujar Isdiyanto.


Butir ketiga, media massa dan media sosial diharapkan benar-benar menghindari hoaks dalam sajian informasinya terkait perkembangan pandemi, agar tidak menimbulkan keguncangan dan kegaduhan di tengah masyarakat.


"Keempat, tokoh masyarakat dan tokoh agama agar aktif membantu sosialisasi terkait pentingnya partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19," harapnya.


Ketua PWI Kabupaten Magelang, Y Bagyo Harsono mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan PWI-MUI Jawa Tengah dengan penandatangan kesepakatan (MoU) tentang naskah seruan pemberitaan Covid dengan narasi positif tersebut. 


"Kami sangat mendukung. Bahkan selama ini, temen-temen PWI Kabupaten Magelang, sudah melakukan hal-hal tersebut. Pemberitaan yang selama ini kami buat, sudah memuat narasi-narasi positif. Ini kami sampaikan, agar masyarakat tidak takut dan cemas menghadapi pandemi Covid-19 ini. Kami berharap, mereka justru optimis," ujarnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar