Pemkab Magelang Gelar Job Fair, 4.000 Lowongan Kerja Disiapkan

Dilihat 1559 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, Sukamtono membuka Pameran Bursa Kerja ( Job Fair ) Kabupaten Magelang Tahun 2022, di Atrium Armada Town Square Mall, Selasa (22/11/2022).


Ada sejumlah 40 perusahaan dari wilayah Kabupaten dan kota Magelang, Semarang, Demak, Salatiga, Boyolali, Yogyakarta, Klaten, Surakarta, dan daerah-daerah lainnya yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan membuka 4.000 lowongan pekerjaan di bidang perhotelan, karoseri, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya.


Event ini bertujuan agar pencari kerja di wilayah Kabupaten Magelang dapat terserap di dunia kerja, dengan sasaran pencari kerja kurang lebih 3.500 pencari kerja berdasarkan data yang sudah mendaftar melalui online link QR code.


Adi Waryanto menyampaikan, kondisi ketenagakerjaan saat ini di tengah-tengah pemulihan ekonomi akibat dampak dari hantaman pandemi Covid-19 dihadapkan pada permasalahan dengan banyaknya pengangguran, yang salah satunya disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah pertumbuhan kesempatan kerja dengan pertumbuhan angkatan kerja yang ada. 


Menurutnya, kualitas angkatan kerja yang masih rendah serta kurang tersebarnya informasi pasar kerja yang diterima oleh pencari kerja, menyebabkan sulitnya pencari kerja menemukan lowongan kerja yang diinginkan. Begitu juga sebaliknya, Perusahaan pun sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia sehingga tidak semua pencari kerja dapat mengisi lowongan kerja yang ada.


Lebih lanjut, Adi menjelaskan dalam upaya penanggulangan pengangguran ini, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang memandang perlu melaksanakan program peningkatan penyelenggaraan informasi bursa kerja berupa Pameran Job Fair, yang mana tujuannya untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja. 


"Saya berharap, semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menjalin interaksi atau kerjasama yang baik antara dunia usaha dengan masyarakat pencari kerja, dan bisa saling memberikan informasi lowongan kerja, antara perusahaan Bapak/Ibu sekalian dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, serta kalangan Perguruan Tinggi dan Sekolah," kata Adi.


Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, Sukamtono menyampaikan maksud diadakan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi bertemunya pencari kerja dengan pemberi kerja secara langsung. 


Selain itu, Sukamtono juga berharap kegiatan Job Fair ini bisa mengurangi angka pengangguran di tahun 2023, sehingga banyak masyarakat yang berdaya, meningkat secara ekonomi dan kesejahteraannya.


Job Fair ini akan diselenggarakan selama dua hari pada Selasa dan Rabu, 22 dan 23 November 2022. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar