Ribuan Durian Diperebutkan Dalam Festival Grebeg Durian Magelang

Dilihat 2504 kali
Ribuan warga berbondong-bondong memperebutkan gunungan durian di Lapangan Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/03), dalam event Festival Grebeg Durian 2018

BERITAMAGELANG.ID - Ribuan warga berbondong-bondong memperebutkan gunungan durian di Lapangan Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/03), dalam event Festival Grebeg Durian 2018.


"Festival Grebeg Durian ini sudah berjalan sejak tahun 2011. Namun demikian, pada tahun 2017 memang tidak kita selenggarakan karena mengalami sedikit panen" ujar Agung Nugroho, Camat Candimulyo, di sela-sela Festival Grebeg Durian.


Agung menambahkan, festival durian merupakan bonus bagi Kecamatan Candimulyo itu sendiri, karena tidak ada di Kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Magelang.


"Festival Grebeg Durian ini memiliki makna tersendiri bahwa durian yang dibawa warga di tiap-tiap desa ini berbentuk gunungan. Dengan harapan, hasil durian khususnya di Kecamatan Candimulyo ini tiap tahunnya semakin menggunung atau melimpah," harapnya.


Kecamatan Candimulyo memiliki 19 desa,masing-masing harus membawa gunungan durian dengan kualitas terbaiknya untuk dipersembahkan dan dibagikan pada masyarakat.


"Beberapa desa yang ikut dalam Festival Grebeg Durian kali ini, diantaranya, Desa Tempursari, Desa Purworjo, Desa Mejing, Desa Sidomulyo, Desa Tempak, Tampir Kulon, dan Tampir Wetan," paparnya.


Satu desa membawa satu gunungan durian yang berisi kurang lebih seratus durian, sehingga diperkirakan sekitar 1.900 durian yang dibagikan kepada masyarakat.


Kecamatan Candimulyo terkenal sebagai sentra penghasil buah durian. Hampir setiap warga desa yang ada di Kecamatan Candimulyo tersebut memiliki pohon durian di kebunnya masing-masing.


Dari hasil penilaian juri, desa yang menjadi juara pada Festival Grebeg Durian kali ini, Juara I diraih Desa Giyanti, Juara II Desa Kembaran, dan disusul Juara III Desa Purworjo.


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Eko Triyono, yang berkesempatan hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi kegiatan Festival Grebeg Durian yang diselenggarakan tiap tahunnya.


"Selain secara rutin menggelar Festival Grebeg Durian ini, saya juga berharap nantinya masyarakat juga mampu mengolah hasil durian tersebut, menjadi sesuatu dengan nilai jual yang lebih tinggi, agar dapat lebih mensejahterakan masyarakat di Candimulyo sendiri," pungkas Eko.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar