7 Ponpes Dan 2 TBM Magelang Diverifikasi

Dilihat 1134 kali

BERITAMAGELANG.ID-Sebanyak tujuh pondokpesantren  dan dua Taman Baca Masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang saat ini sedang diverifikasi untuk mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.


Bantuan hibah bagi pondok pesantren dan Taman Baca Masyarakat itu direncanakan berupa buku perpustakaan sejumlah 750 eksemplar dan satu unit rak buku. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Perpustakaan Dispuspa, Amroni pada hari Selasa 27 Pebruari 2024.


Verifikasi kepada tujuh pondok pesantren itu dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 2024 oleh tim dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Jawa Tengah.


Tim berjumlah empat belas orang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Arpusda Jawa Tengah, Defrancisco Dasilva Tavares. Kehadiran tim bersama tim disambut oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Wisnu Argo Budiono.


Dalam sambutanya, Kepala Disarpus Prov Jawa Tengah Defrancisco DasilvaTavares mengatakan bahwa Pemberian bantuan hibah berupa buku perpustakaan sebanyak 750 eksplr dan 1 unit rak buku  untuk pondok pesantren dan TBM merupakan program prioritas Pj. Gubernur Jateng‚ alam upaya pembangunan SDM untuk meningkatkan kemampuan literasi dan kesejahteraan.


Sementara itu Kepala Dispuspa Wisnu Argo Budiono menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi dimana hibah akan men memperkuat urusan perpustakaan yaitu Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat telah mrnjadi Indikator Sasaran Daerah dan secara otomatis menjadi Indikator Kinerja Kunci DISPUSPA.


"Bantuan ini akan menjadi support untuk mencapai target kinerja," jelasnya.


Ditambahkan oleh Amroni tujuan dilaksanakanya verifikasi itu adalah untuk memastikan eksistensi dan aktivitas dari pondok pesantren dan Taman Baca Masyarakat yang akan mendapatkan hibah.


Pada saat melakukan verifikasi tim dari Provinsi Jawa Tengah didampingi oleh Tim Dispuspa Dan Kementerian Agama Kabupaten Magelang.


Adapun Pondok Pesantren dan Taman Baca Masyarakat yang mendapat kunjungan verifikasi antara lain Pps Roudhotul Ulum (Mranggen Desa Selomoyo Kecamatan Kaliangkrik), Pondok Pesantren Maahidul Irfan (Desa Gandusari Kecamatan Bandongan), TBM Akar makna,  Desa Plosogede Kecamatan Ngluwar, Tarbiyatul Athfal, Desa Purwosari Kecamatan Tegalrejo, Tahfidz Al Quran Bina Madani Putri (Desa Tegalrandu Kecamatan Grabag), Ponpes Anatul Mujtahidin (Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo),  TBM Omah Buku (Randugunting Blondo Kecamatan Mungkid), Al Furqon (Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan), dan PP Al Falah Lembah manah (Desa Mranggensari Kecamatan Srumbung).

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar