Bersama Cucu, Jokowi Kunjungi Candi Borobudur

Dilihat 1209 kali

BERITAMAGELANG.ID-Sabtu, (25/5/2024) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama cucu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah mengunjungi Candi Borobudur. Menggunakan sandal khusus Upanat, Presiden dan rombongan naik ke struktur Candi Borobudur.

 

Kunjungan dimulai dari sisi barat Candi Borobudur dan menelusuri lorong pertama Candi Borobudur. Sesampainya disisi timur, Jokowi melanjutkan untuk menelusuri lorong 1 sedangkan Gibran dan rombongan langsung naik ke lantai 9 Candi Borobudur. Ketika di halaman Candi Borobudur, Jokowi maupun Gibran melayani masyarakat yang ingin berfoto bersama.


 

Hari Setyawan staf Museum dan Cagar Budaya unit Warisan Dunia Borobudur yang memandu kunjungan mengatakan bahwa selama kunjungan dirinya menjelaskan mengenai upaya pelestarian yang dilakukan di Candi Borobudur. Beberapa upaya yang dijelaskan adalah pembatasan jumlah pengunjung yang naik ke struktur Candi Borobudur dan pengunaan sandal khusus Upanat yang diproduksi oleh masyarakat di sekitar Candi Borobudur.


 

"Pengunaan sandal khusus Upanat selain untuk menjaga keausan batu Candi Borobudur, ini juga menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat di sekitar Candi Borobudur," terang Hari.

 

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi sepakat dengan pembatasan jumlah kunjungan yang naik ke struktur yang akan bermanfaat dalam upaya pelestarian Candi Borobudur. Sedangkan cucu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah lebih banyak diceritakan mengenai kisah-kisah relief binatang yang ada di Candi Borobudur seperti kisah jataka yang memiliki nilai-nilai budi pekerti.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar