Dispeterikan Terus Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Dilihat 2031 kali
Lomba mewarnai dalam rangkaian Harkanas 2018 Kabupaten Magelang, Selasa (11/12)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan setempat menggelar sejumlah lomba dan menggelorakan semangat gemar makan ikan dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) kelima tahun 2018 di kantor Dispeterikan Kabupaten Magelang, Selasa (11/12).

Acara tersebut diresmikan oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Magelang, Agung Trijaya SH MH mewakili Bupati Magelang dan mengatakan bahwa sampai saat ini kosumsi ikan di Kabupaten Magelang baru mencapai 18,61 kg per kapita pertahun. Masih jauh lebih rendah apabila dibandingkan tingkat nasional yang sebesar 45,11 kg per kapita pertahun.

''Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Magelang, paling tidak menyamai tingkat konsumsi ikan nasional dan lebih hebat lagi dapat melebihi, " harapnya. 

Lebih lanjut Agung Trijaya mengatakan, pemenuhan ikan sebagai sumber protein hewani secara mandiri di wilayah Kabupaten Magelang mempuyai potensi yang cukup tinggi. Potensi tersebut berupa luas kolam budidaya perikanan seluas 273,2 Ha, mina padi seluas 2.807,8 Ha.

''Dari potensi yang ada, produksi perikanan budidaya pada tahun 2017 sebesar 21.058,46 ton dan perikanan tangkap sebesar 273,9 ton,'' paparnya.

Agung Trijaya menambahkan, potensi yang ada belum tergarap dengan optimal dan kondisi perikanan tangkap di perairan umum terkendala dengan semakin menurunnya populasi ikan yang disebabkan oleh praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

''Seperti penangkapan ikan dengan menggunakan racun ikan, bom ikan, dan setrum, untuk itu saya mengajak kepada semua pihak untuk memberantas praktek-praktek penangkapan ikan tidak ramah lingkungan tersebut,'' ajaknya. 

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Ir. Sri Hartini kegiatan serupa sudah diadakan di provinsi dalam rangka peringkatan Hari Ikan Nasional.

''Untuk tingkat provinsi sudah dilaksnakan pada tanggal 21 November kemarin di Boyolali sedangkan untuk tingkat Kabupaten Magelang harusnya Hari Ikan Nasional kan jatuh pada tanggal 21 November kemarin tetapi karena bersamaan dengan anak-anak ujian nasional lalu kita undur awal Desember ini dengan tujuan untuk meningkatkan anak-anak dan kita untuk gemar makan ikan,'' jelasnya. 

Meningkatkan tingkat konsumsi ikan ini, lanjut Sri Hartini, menjadi tantangan bagi pihaknya untuk meningkatkan paling tidak menyamai tingkat nasional. 

"Untuk meningkatkan konsumsi ikan ini, kami membudidayakan makan ikan di masyarakat terutama di kalangan generasi muda. Melalui Gemarikan ini, diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan bergizi dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," harapnya. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan PKK merupakan mitra Pemerintah mendukung setiap program-programnya.

"Di situ ada B2SA (Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman), menu gizi sehat seimbang, kemudian kita juga melibatkan desa, kecamatan dan Dinas Peterikan untuk sosialisasi pentingnya makan ikan, bagaimana manfaat konsumsi ikan dan memberikan pelatihan untuk pengolahan," tutupnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar