Bupati Magelang Resmikan (Lagi) Dua Kampung KB

Dilihat 3169 kali
Bupati Magelang resmikan Rumah Dataku Dusun Desa Temanggal, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/08)

BERITAMAGELANG.ID - Kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan program Keluarga Berencana (KB) semakin meningkat, dibuktikan dengan jumlah Kampung KB yang terus bertambah di wilayah Kabupaten Magelang. Kampung KB ini merupakan senjata ampuh untuk mengatasi masalah kependudukan di Indonesia terutama di daerah-daerah terpencil.

Hari ini, Selasa (14/08), dua dusun di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang resmi menyandang predikat Kampung KB, yakni Dusun Temanggal, Desa Temanggal dan Dusun Kemutuk, Desa Kemutuk. Kedua desa ini terletak di wilayah paling tinggi di Kecamatan Tempuran.

Di Dusun Temanggal, Bupati Magelang Zaenal Arifin mencanangkan Kampung KB, meresmikan Rumah Dataku dan ODF (Open Defecation Free), yakni komitmen untuk buang air besar di jamban sehat.

Sementara di Dusun Kemutuk, Bupati mencanangkan Kampung KB, meremikan Rumah Dataku, Pos Paud Amanah dan Mobil Siaga.



Peresmian mobil siaga dan pelepasan burung di Dusun Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, masalah kependudukan adalah hal yang harus kita atasi bersama. Mari kita satukan tekad kita, duduk bersama, dan kerja bersama karena dengan kerja bersama inilah prestasi kita untuk Republik ini," ajak Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya.

Untuk itu, Zaenal juga mengajak seluruh lapisan masyarakat turut membangun keluarga sejahtera.

"Kita harus merapatkan barisan, seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menciptakan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera," lanjutnya.

Sedangkan dalam sambutannya di Desa Kemutuk, Zaenal mengharapkan agar warga memiliki cita-cita yang tinggi selaras dengan daerahnya yang terletak pada wilayah tertinggi di Kecamatan Tempuran.

"Saya harap ketinggian (wilayah) ini sesuai dengan mimpi kita bersama bahwa kita ingin menjadi yang terbaik, kita ingin menjadi yang paling agung," harapnya.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan agar warga desa saling bekerja sama mendidik anak-anak menjadi generasi yang lebih baik.

"Maka ini tugas kita orangtua, dan anak-anak muda yang tergabung di karang taruna juga, untuk mempersiapkan adik-adik kita menjadi generasi emas," pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Temanggal, Suryanto mengajak Bupati Magelang meninjau potensi desa yang sedang dikembangkan.

"Di sini kami sedang membangun kolam renang tempat permainan air dan kolam pemancingan untuk menarik wisatawan," kata Suryanto.

Sementara Sekretaris Desa Kemutuk, Suyanto dalam sambutannya mengharapkan agar Bupati Magelang terus memberikan dukungan bagi pengembangan Desa Kemutuk.

Suyanto mengemukakan tiga harapannya pada Bupati Magelang, yakni memperbaiki akses jalan menuju Desa Kemutuk dan membantu mengatasi kekeringan yang kerap melanda saat kemarau.

"Di Desa kami juga ada potensi alam yang jika dikelola dengan baik dan benar maka menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dan bisa memberikan nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami harap bapak Bupati dapat membantu mewujudkannya," harapnya.

Bupati Magelang menanggapi permintaan tersebut dengan positif dan berjanji akan segera mewujudkannya tentunya dengan dukungan SKPD dan seluruh elemen masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati Magelang yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani, Kepala Dinsos PPKB PPPA Retno Indriastuti, Kabag Humas Protokol Purwanto, Kabag Umum Gunarti, jajaran SKPD, Fokopimcam Tempuran, serta jajaran perangkat Desa Temanggal dan Kemutuk.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar