Cegah Covid-19, Kendaraan Melintas Disemprot Disinfektan Di Wilayah Perbatasan

Dilihat 1916 kali
Penyemprotan disinfektan di gerbang perbatasan Magelang Yogyakarta, Sabtu (21/3/2020).

BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi penyebaran Covid-9 dari luar daerah, Pemerintah Kabupaten Magelang melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik masuk wilayahnya.


Seperti penyemprotan kendaraan yang melintasi gapura 'Tugu Ireng' gerbang perbatasan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, Sabtu (21/3/2020). 


Lokasi ini merupakan pintu masuk dari Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta menuju Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 


Camat Salam, Indrianto, mengatakan penyemprotan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Bupati Magelang Zaenal Arifin  bahwa Kabupaten Magelegang melaksanakan penyemprotan dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona.


"Untuk wilayah Kecamatan Salam kita pusatkan di depan tugu ireng ini," kata Indrianto di lokasi.


Kemarin, imbuhnya, kita sudah melaksanakan penyemprotan ke semua warga masyarakat, tempat-tempat ibadah, juga fasilitas umum.


Puluhan petugas dari berbagai unsur seperti TNI Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, tokoh masyrakat, dan relawan turut menyukseskan kegitatan tersebut. 


Mereka telah bersiap sejak pagi lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan tanki disinfektan.


Menurut Indrianto, karena di tugu ireng ini merupakan jalur jalan provinsi dari Yogya ke Semarang maka yang kita semprot adalah mobil dan motor yang arah masuk ke Kabupaten Magelang.


"Tinggal hari ini kita laksanakan khusus untuk masyarakat dari luar Kabupaten Magelang yang mengendarai kendaraan umum maupun pribadi," ujar Indrianto seraya menambahkan penyemprotan ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari orang luar daerah ke Magelang.   


Selain tugu ireng, Pemerintah Kabupaten Magelang juga melakukan penyemprotan di enam titik lainnya. Lokasi penyemprotan merupakan akses jalan perlintasan penghubung dari dan antar Kabupaten seperti di Kecamatan Ngablak, Salaman, Secang dan lainnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar