Desa Jogonegoro Mertoyudan Gelar Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Satlinmas

Dilihat 1916 kali
Kepala Desa Jogonegoro Hillal Muhtar turut melewati rintangan ketangkasan pada kegiatan outbond Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Linmas Jogonegoro di Savitri Outbound.

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Desa Jogonegoro Kecamatan Mertoyudan Hilal Muhtar, S.Ag., memimpin langsung kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Satlinmas Jogonegoro yang diikuti oleh 50 peserta. 

Gelaran yang dilaksanakan pada Minggu (13/8/2023), di Savitri Outbound Dusun Nabin Desa Jumoyo Kecamatan Salam tersebut merupakan agenda yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Jogonegoro untuk meningkatkan kemampuan kapasitas Satlinmas. 

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 10 Tahun 2009, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satuan Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kepala Desa Jogonegoro, Hilal Muhtar, S.Ag berharap dengan dilaksanakannya kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas Linmas diharapkan dapat menambah dan meningkatkan kesiapan, kemampuan dan penguasaan tugas dan tanggung jawab Linmas dihadapkan dengan kondisi saat ini dan menjelang gelaran pesta demokrasi tahun 2024.

"Diharapkan Linmas Jogonegoro punya kesigapan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas menghadapi tugas kedepan, khususnya dalam menghadapi pemilu 2024," ucap Kades H. Hilal Muhtar. 

Senada dengan Kades, Babinsa Bhabinkamtibmas dan Kasi Trantib Kecamatan Mertoyudan yang mendampingi dan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut berharap agar Linmas benar-benar menyadari akan tugasnya yang cukup berat. Sehingga mereka perlu menyiapkan dan membekali diri dengan kemampuan dan kekuatannya. 

Peserta peningkatan kemampuan kapasitas Satlinmas diberi materi antara lain senam, Latihan Baris Berbaris, Penjelasan tugas dan tanggung jawab Linmas sesuai UU, pembinaan fisik naik Gunung, susur Sungai dan Outbond.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar