Festival UMKM Meriahkan HUT ke 39 Kota Mungkid

Dilihat 2216 kali

BERITAMAGELANG.ID - Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Gelar Budaya digelar untuk memeriahkan HUT ke 39 Kota Mungkid pada 17-19 Maret 2023 di Pendopo Lapangan Soepardi Kota Mungkid.


Berbagai macam jajanan kuliner, kerajinan, hingga produk Fashion dijajakan di berbagai stand UMKM. Tidak hanya itu, ada pula vaksinasi Covid-19, stand pembayaran pajak daerah, pelayanan perizinan, dan masih banyak lagi.


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto berharap kegiatan ini bisa menjadi upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga barang kebutuhan pokok, serta menjaga tingkat inflasi agar tetap di angka yang proporsional.


Adi mengatakan, Festival UMKM dan Gelar Budaya ini sekaligus dalam rangka memberi ruang ekspresi seni bagi warga masyarakat Kabupaten Magelang melalui pagelaran budaya.


Ia menyampaikan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada perayaan HUT Kota Mungkid dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini. Kegiatan perayaan HUT Kota Mungkid tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya dan melibatkan massa seperti Festival UMKM dan Gelar Budaya sebagaimana hari ini.


Adi mengatakan, masyarakat patut bersyukur di tahun ini sudah ada pelonggaran dengan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah. Sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dan Dinas Pendidikan dan Kebuyaan dapat melaksanakan Kegiatan Festival UMKM dan Gelar Budaya ini. 


"Oleh karena itu kami mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Magelang untuk terus bergotong royong, bersinergi dan berkolaborasi untuk bangkit kembali di era pasca pandemi Covid-19. Bangkit pada sisi ekonomi maupun budayanya serta sisi yang lain," ajaknya.


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi (Disdagkop) UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyampaikan tujuan dilaksanakannya Kegiatan Festival UMKM dan Gelar Budaya ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mengendalikan Inflasi. 


"Selain itu untuk mengidentifikasi dan menampilkan potensi unggulan yang ada, sekaligus melestarikan budaya di masyarakat Kabupaten Magelang," kata, Basirul Hakim.


Festival UMKM dan Gelar Budaya ini meliputi lomba mewarnai PAUD, lomba tari baru berkreasi kelompok, festival kubro siswo, senam massal dan sekolah angkringan.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar