Pehatian Warga Untuk Balita Irenia Terus Mengalir

Dilihat 1647 kali
Foto: akun twitter @iniMagelangKu

BERITAMAGELANG.ID - Perhatian untuk Irenia, balita penderita penyakit langka warga Dusun Dowakan RT 02/04 Desa Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Jawa Tengah terus mengalir. Hari ini, Irenia kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta.


"Itu kelanjutan penanganan dari rumah sakit Sardjito Yogyakarta, untuk ganti selang di leher sebagai alat selauran pernapasan dan makan," kata Kadus Dowakan, Taryana, Kamis (4/4/2019).


Sejak lahir, anak ketiga pasangan Gunarto dan Srihartati itu sudah didagnosa menderita Laringi 8 Tipe 3 atau penyumbatan saluran pernapasan.


Orang tua gadis mungil itu bekerja sebagai buruh serabutan dengan penghasilan tak menentu.


Dari pihak Pemerintah Desa setempat bersama masyarakat hingga kini terus bergerak membantu demi kesembuhan balita malang itu.


"Sejak lahir kondisi Irenia harus dirawat. Perawatan dilakukan keluarga dibantu masyarakat, seperti biaya pengobatan, hingga makan keluarganya kita saling gotong royong," lanjut Taryana.


Haripah yang merupakan kerabat dari orang tua Irenia mengungkapkan, selain membutuhkan biaya besar, balita itu memang juga membutuhkan perawatan khusus. 


"Pengawasan dilakukan oleh bu Bidan Desa yang selalu berkoordinasi dengan pihak Puskesmas guna menentukan rujukan dan penanganan," jelas Haripah.


Selama dua tahun Irenia dirawat intensif karena diketahui Laringomalasia yang harus mendapat penanganan Trakeostomi atau melubangi leher untuk dipasang alat bantu pernapasan.


"Untuk biaya sebagian dari BPJS, dan serkiler warga untuk membantu," tutur Haripah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar